Angkat Kearifan Lokal Aksara Lontara Makassar Lewat Coffee Shop

26 Mar 2021 - 15:17 Wita | Editor: Agatasuci

Share

Rumah Ka Ga Nga Coffee, Jalan Bougenville No. 23 Makassar

ikonkata.com, Makassar – Mengangkat kearifan lokal Makassar serta terinspirasi dari huruf Aksara Lontara Makassar. Ka Ga Nga Kafe ingin menjadi ikon kafe di Kota Makassar dengan brand lokal yang Makassar banget. Pemilik kafe Ahmad Rifki mengaku kafe di Makassar harus berbau lokal.

"Patokan pertama adalah Makassar harus berbau lokal Makassar yang memang mau di angkat. Sebenarnya ada beberapa list nama, cuma nama Ka-ga-nga akhirnya lahir ketika saya lihat lontara dan sedikit lebih dalam lagi melihatnya sebenarnya didalam lontara ada Ka-ga-nga. Witch sebenarnya ketika orang makassar bugis mendengar Ka-ga-nga itu pasti oh lontara ini" Tutur Rifki, Selasa (23/03/21).

Selanjutnya Rifki mengatakan bahwa di awal Ka-ga-nga berdiri, orang-orang yang datang banyak serasa diingatkan kembali akan makna dari pelajaran daerah ketika kecil. "Ketika awal Ka-ga-nga berdiri, orang-orang datang banyak yang kayak 'ihh masih nuingat ji apa lanjutannya kaganga' atau ada yang biasa bilang 'ihh pelajaran sd ku ini". Kata Rifki.

Tidak hanya penuh dengan makna filosofi, Ka Ga Nga kafe juga membawa kesan nyaman kepada para pengunjung dan membuat suasana senatural mungkin dan serasa di rumah. Nama menu yang di tawar kan pun cukup unik dan sangat kental dengan khas Makassar. Seperti Kopi Katte, Kopi Nakke dan Kopi Sappo.

Kopi nakke yang berarti kopi saya adalah campuran kopi dengan gula aren racikan khas barista. Harga yang di tawarkan pun cukup beragam dan terjangkau mulai harga 20 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah.

Agar terkesan modern Ka Ga Nga kafe yang terletak di Jalan Bougenville No. 23 Makassar mengemas konsep coffe take away. Pemilik kafe Rifki menjelaskan bahwa hal itu dilakukan agar makna lokal yang ingin ia angkat tidak terkesan usang dan bisa lebih modern.

"Dengan konsep kopi take away, jadi bagaimana caranya konsep lokal ini, kan kesannya usang ya kayak kesannya lawas mi, nah itu yang coba saya branding di coffee shopnya jadi tetep terlihat modern. Dalam tanda kutip menaikkan kelas coffee shopnya plus aksara lontaranya itu dengan nama Ka-ga-nga" Ungkap Rifki. (Andi Fajriah)



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata