Di Tangan Rektor JJ, Unhas Akan Semakin Meneguhkan Bagian Dari Universitas Kelas Dunia

07 Sep 2022 - 03:22 Wita | Editor: AS

Share

Rektor Unhas JJ memberi ucapan selamat kepada 81 pejabat yang dilantik. Foto : Humas Unhas

Ikonkata.com,Makassar-  Teroboran untuk melahikan langkah baru bagi Universitas Hasanuddin terus digencarkan oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc.  Setelah melaunching taghline baru Unhas "Unhas ku Bersatu  Unhasku Kuat" Prof JJ, sapaan karib rektor Unhas melantik para "menteri" Unhas yang akan memperkuat setuiap program dan kebijakan yang ditorehkan oleh JJ.  Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan bagi 81 Pejabat baru dalam Lingkungan Unhas berlangsung secara luring  dengan menerapkan protokol Covid-19 di Gedung Baruga A.P Pettarani, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (06/09). Acara pelantikan dipimpin langsung oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., Turut hadir Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, para wakil rektor dan jajaran pimpinan Unhas lainnya.

Dalam sambutannya, Prof. JJ menyampaikan sejak 2021 Unhas berhasil menjadi bagian dari universitas kelas dunia. Hal ini bukan hanya sekedar peringkat, tetapi memberikan kontribusi yang lebih luas lagi. Peringkat WCU adalah sebuah medium mengetahui posisi Unhas melalui aksinya di kancah internasional, dimana ada indikator yang menjadi tolak ukur penilaian seberapa jauh kualitas dan kontribusi Unhas untuk keberlangsungan pendidikan dunia.

"Unhas menduduki peringkat 1001-1200 pada lembaga pemeringkatan QS World University Rankings, lalu di tingkat QS Asian University Rankings, kita menduduki peringkat 401-500. Selain itu, lembaga pemeringkatan THE World University Rankings mencatatkan bahwa Unhas menempati peringkat 1201+ dunia," jelas Prof. JJ.

Lebih lanjut, Prof. JJ menambahkan Unhas membuka peluang bagi peneliti dari luar negeri yang memiliki keahlian spesifik di bidangnya untuk membangun jaringan penelitian bersama sekaligus dilibatkan dalam proses pembelajaran di kelas. Hingga tahun ini, Unhas memiliki 73 dosen asing yang tersebar di beberapa fakultas, juga mengirimkan dosen untuk mengajar di peguruan tinggi mitra di luar negeri.

Kontribusi Unhas yang untuk bidang penelitian juga dapat dilihat melalui tren yang baik setiap tahunnya. Terhitung hingga Agustus 2022, secara kumulatif Unhas telah menerbitkan sebanyak 7.385 dokumen publikasi internasional bereputasi. Dokumen ini tersebar pada jurnal internasional bereputasi Scopus dan Web of Science (WoS) mulai dari cluster Q1 hingga Q4 yang telah mencapai angka 51?n telah terdokumentasi di berbagai publisher bereputasi.

"Pelantikan yang kita gelar hari ini merupakan sebuah langkah untuk melahirkan gerakan-gerakan baru. Kita bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan kita. Berjalan ke atas untuk meraih perankingan dunia adalah jalan berliku, namun kita harus percaya bahwa dengan menyediakan kualitas pendidikan yang excellent maka World Class University bukan lagi hal yang sulit," tambah Prof. JJ.




Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata