IKA Unhas Ingin Berperan Pada Setiap Kebijakan Infrastruktur di Indonesia Timur

25 Jun 2022 - 21:50 Wita | Editor: AS

Share

Wakil Ketua IKA Unhas Bidang PUPR Andi Iwan Darmawan Aras memberikan arahan saat rapat pra raker di Makassar. Foto : Bidang Humas IKA Unhas

ikonkata.com,Makassar-Persiapan Rapat Kerja (Raker)  Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin (IKA UNHAS) kini telah rampung menyusul Bidang Pekerjaan Umum Pemukiman Wilayah dan Tata Ruang telah menyelasaikan rapat kordinasi dan rapat Pra Raker. Bidang yang diketuai oleh Andi Iwan Darmawan Aras, anggota DPR RI tersebut telah merampungkan setiap program dan rencana kerja yang berlangsung di salah satu cafe Jalan Bontolempangan Makassar, Sabtu (22/6/2022). "Selain membahas rencana program kerja, kita sambil diskusi juga sebab biasanya dalam diskusi banyak melahirkan ide ide yang brilian" pinta Andi Iwan Darmawan Aras, Wakil Ketua Bidang Pekerjaan Umum Pemukiman Wilayah dan Tata Ruang, (PUPR). 

Selain Bidang PUPR seluruh bidang  yang tercatat sebagai pengurus IKA Unhas periode 2022-2026 juga telah menggelar pra raker yang sama. Hal tersebut dilakukan oleh para pengurus bidang atas arahan Ketua Umum PP IKA Unhas Dr. Ir. H.A. Amran Sulaiman yang menghendaki pra raker sebelum Rapat Kerja IKA Unhas.  Hadir dalam rapat Pra Raker bidang PUPR selain Andi Iwan Darmawan Aras, M.Si terlihat juga Wakil Sekjen Dr. H. Muhammad Iqbal Samad Suhaeb, SE. Ketua Bidang Perhubungan Ir. I Made Herdianta Gautama, Divisi Perhubungan Darat dan Perkeretaapian, Divisi Agraria dan Tata Ruang  Dr. Ir. Andi Renald yang juga  Kanwil GTRA Provinsi Sulawesi Tenggara, Divisi Pembangunan Wilayah Drs.A. Muh. Yamin Tahir inpektorat Pemda Bone yang ikut rapat melalui zoom. Selain itu hadir juga Wakil Ketua IKA Unhas  Bachrianto Bahtiar. 

Dalam diskusi tersebut mengemuka bagaimana menciptakan peran IKA Unhas dalam memberikan  kajian dan  pemetaan saat pemerintah pusat hendak membuat kebijakan  pemekaran wilayah di Indonesia Timur. "Perlu ada kontribusi dari alumni Unhas" ujar  Ketua Bidang Perhubungan Ir. I Made Herdianta Gautama.  Selain itu tambah beberapa peserta bidang PUPR, alumni Unhas perlu mengkaji lebih dalam infrastruktur di berbagai daerah dan wilayah di Indonesia Timur untuk membantu pemerintah di daerah memberikan kajian kepada pemerintah pusat. "Memang diperlukan ada nya seminar seminar"  sela AIA, sapaan akrab Andi Iwan Darmawan Aras. 

Banyak hal yang IKA UNHAS perlu dorong pada bidang PUPR seperti kontribusi di bidang perumahan, memberdayakan alumni-alumni yang sesuai dengan bidangnya dengan  perumahan yang berbasis ramah lingkungan dan sesuai dengan RTRW, memastikan ada kerjasama antara IKA Unhas melalui program Presidensi G20. Memberikan rekomendasi atau intervensi terhada program global seperti ramah lingkungan. 

Pada penutupan rapat tersebut, Iwan berharap agar seluruh hasil diskusi dan kajian dari PUPR disusun rapi oleh Wakil Sekretaris Iqbal Suaeb untuk diplenokan melalu rapat kerja IKA Unhas. "Insya Allah kita akan konkritkan semua semoga bukan hanya sekedar wacana"tandas Iwan Araz yang tercatat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI. 

Dengan demikian lanjut Iwan,  kelak IKA Unhas  akan dapat bersaing dengan ILUNI dan KAGAMA "saya berharap ke depan, kita bisa mempersatukan alumni yang ada. bersinergi dan bisa menyatukan kekuatan" tutupnya.



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata