Ini Dia Warga Indonesia Pertama Juri Piala Oscar

02 Jul 2020 - 14:06 Wita | Editor: Agatasuci

Share



IKONKATA, USA - Amelia Hapsari, merupakan perempuan pertama dari Indonesia yang akan menjadi tim juri untuk Piala Oscar. Dari 819 yang diundang terdapat 45 perempuan dan termasuk diantaranya Ameli Hapsari.  Dia akan menjadi juri untuk memilih film peraih Piala Oscar untuk tahun depan. 

Selain Amelia, perempuan dar negara lain yang akan menjadi juri diantaranya Ana de Arms, Zendaya, Awkwafina, Constance Wu, Yalitza Aparico dan George Makay.  Siapa Amelia?

Selama ini Amelia berada dibalik layar untuk beberapa produksi film. Lebih tepatnya Amelia lebih banyak berkecimpung dalam dunia film dokumenter.  Selain itu dia menjabat sebagai Direkrut Program In-Docs, sebuah perusahaan  yang memproduksi film dokumenter dari Asia Tenggara ke dunia Internasional.  Selama memproduksi film film tersebut, hasil garapan Amelia kemudian dikirim ke tingkat dunia lalu dipresentasekan kepada para pengambil kebijakan tentang film dokumenter.  Sejak saat itulah Amelia mulai dikenal oleh para kurator film tingkat dunia. Kepada BBC, Amelia mengatakan beberapa diantara mereka mengakui hasil garapannya sebagai film anak berkualitas. “Banyak festival-festival yang kemudian jadi mitra kami” kata Amelia. 

Selain film dokumenter Amelia pernah pula terlibat pada pembuatan film pendek seperti Film Akar dan Film jadi Anak jagoan ala Ahok. Sementara beberapa film dokumenter yang telah diproduksi oleh Amelia dan meraih penghargaan diantaranya Rising From Silnce.  Amelia sendiri mulai menggarap film sejak tahun 2001 kemudian melanjutkan kuliahnya di Amerika Serikat. 

Amelia, putri asali Jawa Tengah akan memilih film film pemenang Oscar tahun depan. Sebagai tim juri, Amelia akan bekerja selama dua bulan.  Terpilihnya Amelia sebagai tim juri diakui oleh Presiden Akademi David Rubin. “Kami selalu merangkul talenta talenta luar biasa yang mencerminkan variasi kaya komunitas film global kami, khususnya saat ini”ujarnya. 





Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata