Kemenangan atas Kuwait, Shin Tae Torehkan Sejarah Bagi Sepak Bola Indonesia

09 Jun 2022 - 15:05 Wita | Editor: AS

Share

Para pemain Timnas Indonesia bersama pelatih Shin Tae Yung melakukan selebrasi usia mengalahkan Timnas Kuwait. Foto : Humas PSSI

ikonkata.com,Jakarta- Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Kuwait pada laga penyisihan Piala Asia dengan skor 1-2. Anak asuh pelatih asal Korea Selatan Shin tae yung itu sukses comeback pada babak kedua usai lebih dulu  ketinggalan 1-0 atas tuan rumah melalui gol Yousef Alsualaiman pada menit ke 41. Pertandingan berlangsung Rabu malam waktu di Indonesia, 8 Juni 2022. Atas kemenangan tersebut, Timnas Indonesia mencetak sejarah baru bagi dunia sepak bola di Indonesia. 

"Secara khusus, saya tidak terpikir kami bisa memenangkan pertandingan ini. Namun, selalu ada kesempatan selama pemain bekerja keras," ujar Shin usai pertandingan seperti yang dikutip melalui PSSI.  Selain tak menyangka atas kemenangan ini, setidaknya terdapat tiga fakta atas kemangan Indonesia terahadap Kuwait. 

Usai mencetak gol pada menit ke 41, Timnas Indonesia meningkatkan daya serangnya ke jantung pertahanan tuan rumah di Stadion Jaber Al Ahmad Kuwait. Sebab tak lama kemudian masih pada babak pertama tuan rumah menjatuhkan Rachmat Irianto di kotak pinalti.  Wasit pun langsung menunjuk titik putih di mana Marc Klok yang bertindak sebagai eksekutor tak menyia nyiakan kesempatan itu untuk menyamakan kedudukan. Klok berhasil menipu penjaga gawang Kuwait sehingga pada babak pertama skor sama 1-1.  Untuk meningkatkan daya serang dan mengejar target kemenangan peracik Shin memasukan M Rafil dan Witan Sulaiman. Terbukti atas kerjasama kedua pemain ini hingga ke jantung pertahanan Kuwait,  Witan menyodorkan bola ke Rachmat yang kemudian menerima bola muntah dan berhasil menyarangkan ke gawang yang dikawal oleh Hussain Kankone. 

Atas kenemangan ini Timnas Indonesia mencatatkan empat sejarah bagi perjalanan sepak bola Indonesia.   Sebanyak empat kali timnas Indonesia bertemu dengan Kuwait dimulai sejak tahun 1996, 2000 dan dan dua kali bertemu pada tahun 2011 semuanya pada laga yang sama Piala Asia.  Dari empat kali pertemuan itu, Kuwait menang sekali dan seri hingga tiga kali. Itulah satu diantara fakta kemenangan Timnas Indonesia. 

Selain itu atas kemenangan ini maka merupakan kemenangan pertama Timnas Indonesia pada babak kualifikasi Piala Asia sejak tahun 2007 lalu.  Empat kali Indonesia mengikuti babak penyisihan Piala Asia, selalu berakhir dengan kekalahan bahkan menempati juru kunci pada tahun 2009.  

Dunia sepak bola Indonesia patut bangga sejak  kemenangan yang berlangsung pada tahun ini merupakan yang pertama bagi Indonesia di mana tim ini pernah mengalahkan Kuwait namun itu pada tahun 1980.. 



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata