PM Australia Anthony Albanese Bangga Hadir Di Kampus Unhas, Ini Pesannya

07 Jun 2022 - 14:48 Wita | Editor: AS

Share

PM Australia berpidato dan sempai mencandai Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa. Foto : Tangkapan layar Unhas Channel

"Merupakan suatu kehormatan untuk berbicara di Universitas Hasanuddin dan bertemu dengan semua mahasiswa yang luar biasa di sini. Pendidikan dan pertukaran ide membantu menjaga hubungan antar bangsa kita tetap kuat" cuit PM Australia Anthony Albanese melalui akun twitternya. 

Ikonkata.com, Makassar - Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese berkunjung kota Makassar, Selasa 7 Juni 2022. Melalui akun twiternya, Anthony memposting fotonya saat tiba di Bandara Internasional Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan dan saat dirinya berada di Kampus Universitas Hasanuddin. "Saya telah mendarat di Bandara Internasional Hasanuddin di Makassar di Sulawesi" tulis Anthony. 

Usai bertemu dengan Presiden Jokowi di istana Bogor Jawa Barat, Senin 6 Juni 2022, PM Australia Anthony terbang menuju Makassar untuk melanjutkan perjalanan kerjanya selama di Indonesia.  Saat bertemu dengan Jokowi, kedua kepala negara mengakui bahwa  Indonesia-Australia telah memiliki dua fondasi kuat dalam hubungan bilateral, yaitu kemitraan strategis komprehensif yang dimiliki sejak 2018 dan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) yang sudah mulai berlaku di tahun 2020. Hal tersebut diungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pernyataan pers bersama Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, usai pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (06/06/2022). “Dua fondasi ini sangat penting bagi kedua negara untuk terus memperkokoh kerja sama bilateral yang saling menguntungkan,” ujar Presiden.

Lebih lanjut Presiden mengungkapkan, dalam pertemuan bilateral kedua pemimpin membahas dua isu besar yaitu upaya memperkuat kerja sama bilateral dan saling tukar pendapat mengenai berbagai isu di kawasan dan dunia.

Terkait isu bilateral, Presiden Jokowi dan PM Albanese fokus berbicara tentang kerja sama di bidang ekonomi. Presiden Jokowi menekankan pentingnya perluasan akses ekspor produk Indonesia dengan nilai tambah tinggi ke Australia, misalnya otomotif.

“Ekspor perdana mobil CBU (completely built up) buatan Indonesia ke Australia telah dimulai di bulan Februari yang lalu dan saya mengharapkan akses ekspor seperti ini akan terus terbuka,” ujarnya.

Selanjutnya hari ini, Selasa 7 Juni 2022, Albanese dan rombongan telah tiba di Makassar. Saat tiba di Makassar, Albanese langsung menuju Kampus Universitas Hasanuddin di Tamalanrea Makassar. Ia diterima langsung oleh rektor Universitas Hasanuddin Prof Jamaluddin Jompa (JJ), "merupakan suatu kehormatan untuk berbicara di Universitas Hasanuddin dan bertemu dengan semua mahasiswa yang luar biasa di sini. Pendidikan dan pertukaran ide membantu menjaga hubungan antar bangsa kita tetap kuat" cuit Albanese melalui akun twitternya. 

Saat menyampaikan sambutannya di Kampus Unhas, Albanese mendorong rektor Unhas Prof JJ untuk memberikan pandangan sains secara keilmuan kepada pengambil kebijakan pembangunan untuk masa depan bangsa Indonesia.  "keterlibatan saintis bisa diterapkan pada bidang sosial, ekonomi dan lingkungan" ujar Albanese. 

Sementara itu Rektor Unhas Prof JJ  mengaku bangga atas kedatangan kepala pemerintahan Australia ke Indonesia bahkan  mendatangi kampus Unhas sebelum menemui Gubernur  Sulsel dan Walikota Makassar. "ini merupakan suatu kebanggaan, sebagai pengalaman dan sebagai alumni Australia yang telah berkontribusi pada karier dan untuk negara" kata JJ. 



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata