Polisi Himbau Pengendara Bermotor Tak Menggunakan Sendal Jepit, Nitizen Rame Sindir Di Medsos

19 Jun 2022 - 10:09 Wita | Editor: AS

Share

Seorang nitizen memposting dirinya saat ke pasar menggunakan motor sambil memakai daster dan bersepatu. Foto : tiktok

ikonkata.com,Jakarta - Nitizen melalui media sosial menyindir polisi sejak Kepolisian RI menghimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua atau bermotor agar tidak memakai sendal saat berkendara. Melalui akun akun media sosial seperti tiktok nitizen menyindir dengan berbagai macam cara, bahkan  mereka memperagakan sambil berkendara motor kemudian merekamnya melalui kamera phonsel.  Semula banyak  nitizen yang mempertanyakan video tersebut sebab viral dan terkesan lucu apalagi dilakukan oleh emak emak yang sedang ke pasar. Termasuk latar music yang seragam. Pada umumnya video itu menggambarkan emak emak menggunakan daster sambil bersepatu lalu naik kendaraan roda dua menuju ke pasar. Selain menggunakan daster, beberapa emak emak juga memakai celana jeans atau memakai rok sambil bersepatu ke pasar.  Rupanya video ini merupakan sindiran nitizen kepada kepolisian yang menghimbau kepada warga agar tidak menggunakan sendal jepit saat memakai motor. 

Sebelumnya Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengimbau masyarakat tidak lagi mengenakan sandal jepit saat mengendarai motor dan diminta mengenakan sepatu. Dia menyadari jika selama ini banyak masyarakat yang masih menggunakan sandal jepit jika jarak tempuh yang dituju cukup dekat.   " Jadi, jangan kasih contoh dikira anaknya enggak ngerti bapaknya bilang ‘Deket aja Pak di situ, biar nggak pakai helm’, naik motor pakai sandal jepit," kata Firman, Selasa, 14 Juni 2022.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menambahkan ketentuan soal penggunaan alas kaki berupa sandal jepit oleh pengendara sepeda motor hanya sebatas imbauan dan tidak akan ada tindakan seperti kena tilang.  "Penegakan hukum itu tidak harus tilang, untuk itu narasi akan ditilang itu tidak benar. Tidak ada penilangan," kata Firman. 

Menurutnya mbauan itu bertujuan untuk keselamatan masyarakat, khususnya pengendara roda dua saat mengendarai motor mereka. Selain itu polisi berharap pemakaian alas kaki yang tepat akan membantu mengurangi fatalitas akibat kecelakaan.



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata