Pujian Walikota Berlin Kepada Gubernur DKI Anies Baswedan

18 May 2022 - 21:40 Wita | Editor: AS

Share

Gubernur DKI Jakarta, Indonesia Anies Baswedan dan Wali Kota Berlin, Jerman Franziska Giffey usai menandatangi buku emas di Balai Kota Merah, Senin, 16 Mei 2022. (Foto: Instagram @aniesbaswedan/ KBA.News )

ikonkata.com,Jakarta-Indonesia menjadi presidensi negara-negara G20 tahun ini. Selain itu, Jakarta juga memegang kursi kepresidenan forum kota U20, di mana Berlin juga terlibat. Sejak tahun 1994, Berlin dan Jakarta telah terhubung erat melalui program sister city. Sebagai bagian dari kunjungan ke Eropa, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi tamu Wali Kota Berlin Franziska Giffey di Rotes Rathaus di Berlin, Jerman, Senin, 16 Mei 2022. Anies juga diketahui menandatangani Buku Emas di Balai Kota Merah, Jerman. Kemudian melakukan diskusi bersama dengan Wali Kota Berlin, Franziska Giffey dan Senator Ekonomi Stephan Schwarz.

Franziska Giffey mengatakan dalam dua tahun lalu pertukaran dengan kota mitra Berlin hanya dapat dilakukan secara digital atau online karena adanya pandemi Covid-19. “Oleh karena itu, saya semakin senang bahwa saya dapat secara pribadi menyambut Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan delegasinya ke Balai Kota Merah,” tutur Franziska seperti rilis Berlin.de atau Kantor Pers dan Informasi Negara Bagian Berlin yang dikutip KBA News di Jakarta, Selasa, 17 Mei 2022.

Franziska menuturkan topik yang dibahas dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai topik ‘Kota Pintar’ yang diplomasi perkotaan, kota pintar dan ekonomi rintisan. Pasalnya hal itu sebagai bagian dari proyek Smart Change, Berlin dan Jakarta. “Pembicaraan kami adalah tentang topik masa depan bersama yang penting bagi kerja sama kami,” tuturnya.

Dia menjelaskan sebagai bagian dari proyek Smart Change, Berlin dan Jakarta telah bekerja sama dalam solusi inovatif untuk memperkuat administrasi kota dan membangun ekosistem startup yang dinamis di Jakarta. “Bagi Berlin, sebagai kota metropolis start-up nomor 1 di Eropa, topik-topik ini sangat penting. Bersama Senator Ekonomi Schwarz, kami juga menggunakan pertemuan itu,” kata Franziska.

Menurut Franziska, Indonesia menjadi presidensi negara-negara G20 tahun ini. Selain itu, Jakarta juga memegang kursi kepresidenan forum kota U20, di mana Berlin juga terlibat. Sejak tahun 1994, Berlin dan Jakarta telah terhubung erat melalui program sister city. “Jakarta telah menjadi sister city Berlin sejak tahun 1994. Sebagai bagian dari kunjungannya ke Eropa, Gubernur @DKIJakarta @aniesbaswedan, hari ini bertamu di Berlin dan menandatangani Buku Emas di Balai Kota Merah. Selamat datang! @FranziskaGiffey @SenWiEnBe,” tulis akun twitter @RegBerlin.



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata