Rupanya Hacker Bjorka Tak Hebat Hebat Amat, BIN Telah Mencium Lokasi Modusnya

14 Sep 2022 - 08:09 Wita | Editor: AS

Share

Menteri Polhulkam Mahfud MD beberkan keberadaan dan motif Hacker Bjorka. Foto : Twitter Mahfud MD

ikonkata.com,Jakarta- Setelah gencar meneror data pribadi sejumlah pejabat di Indonesia akun hacker Bjorka nampaknya tak lama lagi akan teridentifikasi baik lokasi , keberadaan maupun identitasnya.  Selasa kemarin 13 September 2022, Bjorka menyapa Menteri Politik Hukum dan HAM Mahfud. "how r u sir MahfudMD? are you sure no important database is leaked?" tulis @Bjorka melalui akun twitternya.  "Silaturrahmi" ala Bjorka ke akun Mahfud MD sontak viral dan banyak nitizen yang ikut menimpali termasuk beberapa tokoh dan figur yang menanyakan langsung ke Mahfud MD. "Banyak yang japri saya bahwa data pribadi saya dibocorkan oleh Bjorka hacker. Saya tak ambil pusing dan tak ingin tahu" balas Mahfud melalui akun twitternya. Ia pun mengaku tak perlu khawatir. 

Namun demikian sehari usai mendapat "sapaan" dari Hacker Bjorka, di kantornya Rabu 14 September 2022 Mahfud MD menyatakan gambaran mengenai  hacker atas nama Bjorka sudah diidentifikasi oleh Badan Intelejen Negara (BIN) dan Mabes Polri oleh alat canggih yang telah dimiliki oleh BIN yang dapat melacak siapa dan gambaran seperti apa pelakunya. 

"Kita  terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum diumumkan" ujar Mahfud MD saat menggelar jumpar pers di kantornya.  Ia lalu mengungkapkan bahwa motif yang Bjorka lakukan tak akan membahayakan negara sebab berkaitan dengan motif ekonomi hingga jual beli.  "Ada yang motif politik, motif ekonomi, motif jual beli dan sebagainya" tambah Mahfud. 

Sebelumnya pada awal September 2022, akun Bjorka mulai membocorkan data sejumlah situs pemerintahan dan pejabat. Selain Menkopolhulkam Mahfud MD, Bjorka juga membocorkan data Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur DKI Anies Baswedan, Menkominfo Johny G Platte. Termasuk Bjorka telah mengklaim membobol surat surat dari Presiden Jokowi  ke BIN yang menyebutnya bahwa dokumen tersebut sangat rahasia. 

Usai mengancam membobol data data pejabat, Presiden Jokowi ikut meresfon ancaman pembobolan data tersebut. Jokowi menggelar rapat di istana yang dihadiri para menteri terkait, BIN serta kepolisian kemudian membentuk Tim Khusus Tangani Hacker Bjorka. 




Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata