Si Don, Pelatih Terbanyak Menjuarai Liga Champions

29 May 2022 - 10:41 Wita | Editor: AS

Share

Pelatih Real Madrid merayakan kemenangan setelah mengantar Real Madrid menjuarai Liga Champions 2021-2022. Perayaan ke empat kalinya sejak ia menjadi pelatih. Foto : UEFA.com - Twitter Carlo Ancelotti

"Saya seorang pria pemegang rekor. Saya beruntung datang ke sini tahun lalu dan memiliki musim yang fantastis. Klub yang fantastis, skuad yang sangat bagus dengan banyak kualitas yang karakter mental"  Don Carlotti 

ikonkata.com,Jakarta-  Pelatih Real Madrid asal Italia Carlo Ancelotti baru saja mengantar Real Madrid menjadi kampiun Liga Champions 2021, sebuah kompetisi kasta tertinggi di Eropa. "Saya tak menyangka" ujar Don Carletto usai pertandingan Final Liga Champions di Stade de France, Paris, Prancis Minggu dinihari 29 Mei 2022. Kemenangan bagi Don Carlo in menjadikan pria asal Italia tersebut sebagai pelatih terbanyak yang memenangkan Liga Champions. 

Sebelum mengantar Real Madrid juara Liga Champions untuk kali kedua, Don Carlo telah pernah mengantar klub asal Spanyol ini menjuarai Liga Champions pada tahun 2014. Sebelumnya lagi, Don Carlo  mengantar klub asal negaranya Italia AC Milan menjuarai Liga Champions sebanyak dua kali, yaitu tauhn 2003 dan 2007.  Don Carlo mencatatkan dirinya sebagai pelatih pertama yang menjuarai empat kali Liga Champions pada dua klub yang berbeda.  "Saya seorang pria pemegang rekor. Saya beruntung datang ke sini tahun lalu dan memiliki musim yang fantastis. Klub yang fantastis, skuad yang sangat bagus dengan banyak kualitas yang karakter mental"  tutur Don. 


Sebelum melangkah ke Final Liga Champions 2021/2022, Real Madrid susah payah mengalahkan klub terbaik Inggris Manchester City baik pada leg pertama maupun leg kedua Semifinal Liga Champions. Lagi lagi, Don Carlo memperlihatkan dirinya sebagai pelatih yang matang dan memiliki mental mengantar Madrid  menjuarai Liga Champions. "Kami telah mengalahkan klub klub terbaik di dunia. City dan Liverpool luar biasa hebat musim ini."tandasnya. Minggu dinihari tadi, Don Carl  kembali perlihatkan kelasnya sebagai pelatih yang berkualitas, ia mengantar Madrid mengalahkan Liverpool dengan skor 1-0. Gol tungga Madrid dicetak Vinicius Junior. "Liverpool memainkan pertandingan yang hebat tapi kami punya satu peluang gol dan kami mencetaknya" girangnya. 


Carlo Ancelotti saat ini berusia 62 tahun. Pengalaman sebagai pemain, Don Carlo menghabiskan masa pemainnya di klub Italia seperti Parma, AS Roma hingga klub terakhirnya sebagai pemain di AC Milan. Sejak menjadi pemain Milan, Carlotti mengantar klub hitam merah tersebut menjuarai Champion UEFA pada tahun 1989 dan 1990. 


Memulai karier sebagai pelatih pada tahun 1995 di mana ia sukses mengantar Reggina promosi ke Liga tertinggi Italia, Seri A. Kemudian ia melatih Parma lalu pada tahun 1999 Ancelotti pindah ke Juventus. Selama tiga tahun melatih si Nyonya Besar, julukan Juventus Don Carlo pindah ke AC Milan, klub yang kemudian mengantarnya sebagai pelatih elit pada tahun 2001.  Selama delapan musim bersama Milan, Don Carlo  memberi dua juara Liga Champions bagi klub asal kota mode Milan Italia, Piala Dunia antar klub 2007, Seri A 2003-2004, Piala Italia 2003, dan Piala Super Eropa 2003. Usai melatih Milan, Don Carlotte hijrah ke Liga Inggris dan berlabuh melatih Chelsea. bersama klub asal London Barat tersebut Don Carlotte meraih gelar juara Liga Primer Inggris dan Piala FA.  Dari Inggris, Don Carlo hijrah ke  Paris Saint-Germain. Sepanjang dua tahun melatih klub tersebut, Don Carlo lalu ke Liga Spanyol dan melatih Real Madrid. Tak cukup lama ia meracik klub tersebut untuk meraih sederet gelar seperti Copa del rey, Piala Super UEFA lalu mempersembahkan juara Liga Champions bagi Madrid pada tahun 2014. Sebelum kembali lagi ke Madrid, Don Carlo terbang ke Jerman melatih Bayern Munich dan menjadi juara Bundesliga 2016-2017. 



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata