Siapa Lifi? Penyanyi Ini Mencuri Perhatian Akbar Faisal

01 Jul 2020 - 13:25 Wita | Editor: admin

Share



IKONKATA, Jakarta- Muhammad Alifi, penyanyi lokal asal Jeneponto mencuri  perhatian Direktur Nagara Akbar Faisal, mantan anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem. Melalui WAG “Geng Makassar” Akbar mengaku tak mengenalnya tetapi takjub dengan vokalnya. “Lama mencari penyanyi daerah Sulsel setelah era Iwan Tempo, Andi Laricci atau Meti Baan. Dan saya menemukan anak ini. Saya tak mengenalnya” tulis Akbar melalui group Geng Makassar. 


Geng Makassar merupakan  grup sekumpulan warga Makassar yang merantau di Jakarta dan kota kota lainnya di Indonesia termasuk mancenegara. Sejumlah warga Makassar yang tergabung dalam grup ini antara lain Husain Abdullah, mantan Jubir saat JK menjabat sebagai Wapres RI, Supriansa, Anggota DPR RI, Halim Kalla adik kandung JK, A. Herry Iskandar, Akbar Faisal mantan aggota DPR RI,  Tamsil Thahir Pemred Tribun Batam, Tomi Lebang penulis kreatif nasional, Buyung W Kusumah Dirut Tawwaf TV, Aidiri Amin Daun mantan Irjen Kementerian Hukum dan HAM, Sukriansa S Latief Staff Khusus Wapres Ma’ruf Amin, Subhan Mappatunru salah seorang direksi NV Kalla, Ustads Dasad Latief,  Zakir Sabara Dekan FTI UMI, Indra Jusuf pengacara di Jakarta, Farid Ma’ruf Ibrahim jurnalis ABC di Australia, Selle KS Dalle dan masih banyak lainnya. 


Melalui WAG inilah Akbar memposting vidio Muhammad Alifi yang sedang bermain gitar lalu menyanyikan lagu Makassar berjudul “Punna Sirikku Latappela”.   Masih dalam nada kekaguman, Akbar melanjutkan tulisannya tentang Alifi. “Namun saya memastikan dialah penerus lagu lagu daerah Sulawesi Selatan yang akan menghibur kerinduan kita akan kampung halaman. Berbeda dengan karakter vokal Iwan Tempo yang mendayu bak berselancar dia atas air danau tanpa ombak, anak ini mampu menghadirkan karakter vokal elegan dengan sentuhan  mengagetkan pada hampir seluruh rentang vokalnya yang mengangumkan. Dia mampu menarik vokalnya dan nada tinggi ke nada rendah tanpa kesulitan dan dengan elegansi yang sama. Pada saat yang bersamaan, pilihan lagu dengan diaktonik pentatonik yang tak kalah mengangumkan membuat saya tenggelam dalam romantisme yang menyedihkan.  Dengar liriknya yang mematikan, “galang tambagaji paleng pangainnu mange ri nakke”  tulis alumnus Fakultas Sastra dan Bahasa Universitas Negeri Makassar  yang dulu IKIP Ujungpandang.  Pada tulisan akhirnya Akbar berpesan “kepada yang sedang patah hati , jangan dengarkan lagu ini. Saya pastikan Anda akan semakin menderita”. 


Lalu siapa Alifi yang mencuri perhatian  narasumber aktiv Indonesia lawyer Club TV One ini?  Dilansir tribuntimur edisi  tahun lalu, Muhammad Alifi yang oleh temannya disapa Lifi adalah putra asli Jeneponto.  Lifi masih berusia 24  tahun dan baru setahun lebih aktiv melalui akun  YouTube yang telah memiliki 57 ribu subscriber. Ia pun tak menyangka bahwa dalam waktu singkat sudah dapat memiliki subscriber hingga puluhan ribu.  Lifi semula hanya iseng mencover lagu lagu Makassar sekadar menyalurkan bakat nyanyinya. “Saran dan masukan teman teman saya coba bangkit dan kembali cover lagu Makassar” ujarnya.  Lifi asli Binamu Jeneponto,sebelum covid melanda dunia, dia sudah pernah manggung di kantor Pemda Jeneponto. Anak pasangan  Ahmad Dg Sibali dan  Dinar Dg Jiya hingga saat ini masih aktiv mencover lagu Makassar kemudian memposting di akun YouTube nya, Muhammad Alifi. 



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata