Suporter Indonesia! PSM Tak Punya Stadion Tapi Harumkan Nama Bangsa, Senggol Dong

28 Jun 2022 - 08:38 Wita | Editor: AS

Share

Laga PSM VS Tampines Rovers yang berkesudahan atas kemenangan PSM 1-3. Foto : Twitter AFCCup2022

ikonkata.com,Makassar- Walaupun PSM Makassar sudah tak memiliki stadion sebagai homebase di Makassar namun prestasinya di kancah Internasional tak meragukan lagi. Klub tertua di tanah air tersebut saat ini menempati urutan pertama Grup H Zona ASEAN Piala AFC usai mengalahkan klub asal Singapura Tampines Rovers 3-1 KLFA, Kuala Lumpur Malaysia. Atas kemenangannya itu PSM Makassar berpeluang melaju ke babak Semifinal Zona Asean. 

Prestasi PSM Makassar mengalahkan klub peringkat atas Singapura tersebut menyebabkan banyak nitizen heran. Apa pasal? 

"Tim yang musim lalu nyaris degradasi, enggak mudah bisa sampai tahap ini dengan hanya jangka waktu beberapa bulan + rombak squad. Apalagi tadi pemainnya 40-50 persen pemain belasan tahun jebolan akademi PSM"@ efjdndn1817. 

Inilah salah satu  tulisan  suporter digital yang menulis komentarnya di akun @pengamatsepakbola yang mengulas kemenangan PSM Makassar atas Tampines. Apalagi, sebelum kemenangan ini tim  asuhan Bernando Tavares menahan seri tim tuan rumah KL City yang dihuni beberapa pemain Timnas Malaysia. Termasuk juga klub Tampines yang dihuni lima pemain Timnas Singapura. "DNA sepak bola Sulawesi Selatan memang tidak diragukan kualitasnya. Sekarang mereka lagi ngadain scouting untuk merekrut bibit2 muda" tulis 477herman. Komentar komentar ringan dan support PSM atas suskesnya tak pernah kalah tersebut menyebabkan banyak suporter sepak bola tanah air menaruh harapan besar terhadap PSM untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah AFC. 


Walaupun kata mereka PSM tak memiliki stadion namun klub asal Makassar ini tetap semangat dan memberikan yang terbaik bagi tanah air. "saya rasa apa yang PSM raih dapat mengangkat citra Makassar di mata internasional. Coba saat kita dengar komentator televisi luar negeri, mereka menyebut nyebut nama kota Makassar" kata Arhan, suporter PSM Makassar yang mengaku menyaksikan laga PSM melalui streaming televisi saluran AFC. "Tentu kita bangga bos. Tak punya stadion tetapi tetap berprestasi" kata Ewin. 


Peluang PSM Makassar melaju ke babak semifinal terbuka sangat lebar.  Pluim dkk sisa menunggu laga antara KLC City vs Tampines Rovers guna memastikan klub yang disponshori oleh Bosowa itu melaju ke babak selanjutnya. Jika klub asal Malaysia dan Singapura itu berakhir seri maka PSM tetap melaju pada posisi puncak, termasuk jika KLA City menang tipis. Sementara itu Bali United, klub yang sempat mendapat sanjungan untuk dapat berkiprah lebih jauh lagi di grup C dibantai oleh klub asal Kamboja Visakha FC 2-5.  Bertanding di kandang sendiri Stadion I Wayan Dipta, klub peringkat pertama Liga Indonesia ini kalah telak dari klub peringkat pertama Liga Kamboja. Sehingga otomatis peluang Bali United untuk lolos semakin menipis. "PSM Makassar menunjukan kesabaran dan ketangguhan saat mereka bangkit dari ketertinggalan"ciut akun AFCcup2022. 




Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata