Terima Kunjungan Kehumasan Pangan

30 Sep 2022 - 12:39 Wita | Editor: AS

Share

Sumber foto : Akun humas setkab

Ikonkata. Com, Jakarta - Asisten Deputi Hubungan Kemasyarakatan dan Protokol (Asdep Humas Potokol) Sekretariat Kabinet (Setkab) menerima kunjungan kehumasan Direktorat Registrasi Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), di Kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta, Jumat 30 September 2022 pagi.

Direktur Registrasi Pangan Olahan BPOM Emma Setyawati mengungkapkan kunjungan kali ini untuk mengetahui pengelolaan media sosial (medsos) di Setkab yang dinilainya telah berjalan dengan baik. Medsos Setkab mampu meraih Predikat Terbaik I untuk Kementerian/Lembaga (K/L), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di ajang Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Kenapa kami studi tiru (benchmark) ke sini? Karena Setkab kami ketahui telah menerima Predikat Terbaik I kategori Media Sosial untuk Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD, PTN pada ajang AMH Tahun 2021,” ucap Emma.

Emma menambahkan, pelaksanaan studi tiru ini sebagai bagian dari upaya untuk terus memperbaiki unit kerja yang dia pimpin, terutama dalam pengelolaan media sosial. Dalam kunjungan ini Emma juga mengikutsertakan perwakilan dari humas BPOM. "Harus selalu ada room for improvement. Kalau kita ingin memperluas room for improvement-nya ya kenapa tidak lihat kanan-kiri. Karena itu, ada studi banding, ada studi tiru,” tuturnya.

Dalam diskusi, Emma juga menyatakan ketertarikannya untuk mengetahui proses pembuatan siniar (podcast) yang dimiliki oleh Setkab, yaitu Podkabs (Podcast Kabinet dan Sekretariat Kabinet).

“Kami ada dua ruang podcast tetapi menurut kami belum dimanfaatkan dengan optimal, karena itu kita akan belajar bagaimana mengoptimalkan podcast dan bagaimana mengelolanya sehingga menjadi konten yang dirindui oleh masyarakat,” ujarnya.

Podkabs merupakan siniar resmi yang membahas isu-isu aktual seputar kabinet pemerintahan dan Sekretariat Kabinet RI. Sejauh ini, podcast ini telah memiliki tujuh episode dengan narasumber para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Asdep Humas Potokol Setkab Said Muhidin menyambut baik kunjungan kehumasan yang dilakukan Direktorat Registrasi Pangan Olahan BPOM.

“Ini luar biasa kita bisa dikunjungi oleh teman-teman dari BPOM. Suatu kehormatan bagi kami. Begitulah dinamikanya, saling belajar dan saling memberikan ilmu, sharing pengalaman,” ujar Asdep Humas Protokol.

Said mengisahkan, sejak pertama kali dibentuk pada sekitar tahun 2011 silam unit kehumasan Setkab terus bertransformasi dan melakukan berbagai pengembangan dalam pelaksanaan komunikasi publik mengenai kerja dan kinerja kabinet pemerintah di bawah pimpinan Presiden RI dan Wakil Presiden RI.

“Dari mulai 2011 ini terus bertransformasi humas Setkab. Pertama website-nya diperbaiki desain termasuk isinya, kemudian konten-konten,” ujar Said.

Said menjelaskan, saat ini pihaknya mengelola enam kanal media daring yaitu, laman setkab.go.id, Youtube Sekretariat Kabinet RI, Twitter dan Facebook @setkabgoid, Instagram @sekretariat.kabinet, serta Spotify Podkabs.


“Jumlah pengunjung laman setkab.go.id pada tahun 2022 hingga akhir Agustus mencapai 7,28 juta. Sedangkan entitas yang mengikuti secara langsung medsos Setkab mencapai lebih dari 2,19 juta,” ujar Said.


Asdep Humas dan Protokol menyampaikan bahwa melalui berbagai media daring tersebut pihaknya aktif mengisi ruang publik dengan narasi yang positif, melalui berbagai produk mulai dari berita, video, hingga infografis.

“Penyajian informasi dilakukan secara utuh dengan mengedepankan keakuratan,” tandas Said.






Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata