Tiga Tahun Tak Mengimpor Beras, Mungkinkah Ini Kuncinya?SYL Kepada Petani "Tiada Hari Tanpa Panen"

22 May 2022 - 11:50 Wita | Editor: AS

Share

Presiden Jokowi bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi gudang beras. Foto : Kementan

"Yang biasanya kita impor 1,5 juta tom sampai 2 juta pertahun, sudah 3 tahun ini kita tidak" Presiden Joko Widodo. 

"Kuncinya setelah panen lahan tidak boleh nganggur, tidak ada hari tanpa tanam" Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo 


ikonkata.com, Jakarta - Presiden Jokowi di hadapan Rapat Kerja Nasional V Projo memuji keberhasilan Kementerian  Pertanian RI yang telah berhasil sejak tiga tahun terakhir ini. Terdapat dua keberhasilan yang dicapai bidang pertanian yakni Indonesia sejak tiga tahun ini tidak lagi mengimpor serta harga beras di Indonesia telah di bawah rata rata. "Ini yang harus dipertahankan, syukur stoknya bisa kita perbesar" Kata Jokowi di Semarang, Sabtu 21 Mei 2022. 

Dikutip dari Kementan,  pada tahun 2021 Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menjamin ketersediaan stok beras nasional  di tengah kondisi pandemi covid 19 melimpah. Sebab pada masa itu tengah berlangsung musim panen di sejumlah wilayah Indonesia dan Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan percepatan tanam usai panen. "Kuncinya setelah panen lahan tidak boleh nganggur, petani langsung mengolah lahan untuk tanam lagi. Pada saat ini di seluruh Indonesia tidak ada hari tanpa panen, tidak ada hari tanpa tanam. Tidak ada lahan yang nganggur lebih dari satu bulan. Potensi sumber air untuk mengairi sawah kita optimalkan," demikian dikatakan Mentan SYL pada kegiatan panen padi di Desa Gajahmekar, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. 

 SYL menegaskan untuk mensukseskan program peningkatan produksi melalui percepatan tanam ini, dirinya dan seluruh jajaran Kementan secara masif turun ke lapangan. Kementan memberikan bantuan benih, alat mesin pertanian, obat-obatan, pupuk, serta pendampingan kepada petani bahkan mendorong petani mengakses dana kredit Usaha Rakyat (KUR) di perbankan. Selain menjamin kegiatan produksi, SYL pun menjamin kegiatan pasca produksi yakni ketersediaan kemampuan penggilingan. 

Presiden Jokowi melanjutkan dulunya pemerintah mengimpor 1,5 juta sampai 2 juta to pertahun tetapi setelah tiga tahun terakhir ini pemerintah sudah tidak mengimpor lagi. Walaupun ada impor tetapi beras tersebut adalah beras khusus atau khas dari Jepang, India dan Korea.  "ada impor, kecil" ujarnya. 




Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata