Trend Bersepeda di Masa Pandemi Meningkat Tajam

06 Jul 2020 - 22:01 Wita | Editor: AS

Share

Artis Luna Maya saat meggayung sepeda. Foto : Twitter LM

IKONKATA, Jakarta- Masa pendemi rupanya mendorong warga untuk keluar rumah dengan cara bersepeda. Bukan hanya di Indonesia, negara lain pun ikut menjadikan sepeda sebaga sarana olahraga untuk menambah imun agar lebih sehat. Dikutip dari BBCIndonesia, Indonesia mengalami peningkatan bersepeda mencapai seribu persen. Sementara di luar negeri seperti Skotlandia mencapai 252 persen lalu Amerika Serikat nyaris 100 persen.  Eco Counter, lembaga pengumpul data soal sepeda di Amerika telah melaporkan bahwa trend bersepeda di Amerika Serikat melonjak tajam. 

Presentase kenaikan bersepeda di Indonesia khuusnya Indonesia terjadi usai masa Pemberlakuan  Sosi Berskala Besar atau PSBB.  Institut for Transportation and develpoment Policy menyebutkan tingkat presentasi bersepeda di Jakarta mencapai seribu persen.  Sementara kota kota besar lainnya di Indonesia juga mengalami peningkatan drastis. 

Di Indonesia sederet kalangan kian gencar bersepeda. Pejabat, politisi, pengusaha, artis, profesional, ibu rumah tangga hingga mahasiswa gencar bersepeda baik pagi maupun sore hari.  Artis Luna Maya misalnya. Sejak Juni, mulai memposting aktivitasnya saat bersepeda. Ia menggunakan sepeda jenis Road Bike. Tak ketinggalan anggota DPR RI Meutia Hafid yang tengah mencoba sepeda Road Bike, minggu kemarin. Adalah Gubenur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merupakan pejabat yang nyaris setiap hari bersepeda. Keduanya bersepeda sambil menyosialisasikan protokol kesehatan. Mereka masuk dari gang sempit hingga ke pasar pasar. 

Bersepeda di tengah pandemi dianjurkan oleh Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn.  Menurutnya bersepeda dinilai sebagai langkah aman untuk menghindarkan masyarakat dari penggunaan transportasi umum. Ini bertujuan untuk mempersempit penyebaran virus ini. Kedua, bersepeda efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan memperkuat kesehatan mental.

"Pendekatan ini sedang diikuti di tempat lain. Di mana dalam beberapa kasus kami melihat pemerintah menyarankan warganya untuk lebih banyak bersepeda," ujarnya. 

Wali Kota New York Bill de Blasio, hingga aktor dan mantan Gubernur California, Arnold Schwarzenegger, menganjurkan masyarakat untuk bersepeda. Menurut mereka, ada banyak manfaat dari olahraga ini.




Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata