Unhas Kampus Pertama Miliki Rumah Sakit Hewan Pendidikan di Indonesia Timur

15 Sep 2022 - 07:06 Wita | Editor: Agatasuci

Share

Foto : Humas Universitas Hasanuddin

ikonkata.com, Makassar - Dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan dan pengembangan Program Studi Kedokteran Hewan (S1) dan Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH),  Universitas Hasanuddin mendirikan Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) sebagai tempat praktek Dokter Hewan serta penyediaan pelayanan kesehatan hewan yang dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasana.

Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Unhas telah diresmikan oleh Rektor Unhas, pada pelaksanaan Upacara Dies Natalis ke-66 Universitas Hasanuddin, Sabtu (10/09/2022).

Sebagai bagian yang terpadu dalam kesatuan sistem pelayanan masyarakat di Unhas dan Kota Makassar, RSHP Unhas siap mewujudkan visinya  “Menjadi Rumah Sakit Hewan Pendidikan Terkemuka di Indonesia sebagai Rujukan Nasional yang Bertaraf Internasional” dengan menghasilkan keunggulan kompetitif dan komparatif berdasarkan hasil layanan medik veteriner yang baik dan memuaskan pengguna jasa, pengembangan inovasi layanan, dan berkontribusi dalam kebijakan di bidang kedokteran hewan.

Melalui wawancara, pada Kamis (15/09) drh. Andi Magfira Satya Apada, DVM, M.Sc., selaku penanggung jawab RSHP Unhas menyampaikan bahwa sejak Senin (12/09) RSHP Unhas telah resmi membuka layanan jasa medik veteriner kepada masyarakat dengan prosedur pelayanan dan peralatan medik serta ruang laboratorium yang sesuai dengan standar operasional, diantaranya berdasarkan Panduan Pelayanan Jasa Medik Veteriner yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Untuk prosesur pelayanan, klien bisa datang langsung ke rumah sakit membawa hewan kesayangannya, kemudian mengikuti alur pendaftaran sebelum pasien ditangani oleh dokter kami. Terdapat permintaan untuk mengisi data klien dan pasien, juga pemeriksaan umum seperti berat badan, anamnesa dari klien, pengukuran suhu dan lain-lain sebelum pasien dimasukkan ke ruang pemeriksaan,” jelas drh. A. Andi Magfira.


Lebih lanjut, drh. Andi Magfira menuturkan RSHP Unhas menyediakan pelayanan bagi semua jenis hewan  dengan prosedur rawat inap dan rawat sehat serta prosedur tindakan bedah yang efisien, efektif dan akuntabel oleh tenaga medis sebagai pelaksana kegiatan harian dalam operasional rumah sakit hewan yang terdiri dari tim medis utama (dokter hewan dan paramedis), tim laboratoriumm, dan tim perawat kandang dan ruang rawat.

“Untuk jenis hewan semua kami terima, namun untuk jenis hewan berupa ternak besar atau unggas, kami yang melakukan kunjungan ke lokasi dan bagi klien hewan kesayangan yang membutuhkan layanan kunjungan rumah, kami juga menerima tentunya dengan layanan reservasi terlebih dahulu. Semuanya akan ditangani oleh tenaga medis kami, yang saat ini  berjumlah 7 orang dokter hewan dengan dibantu oleh mahasiswa koas,” sambung drh. Andi Magfirah

drh. Andi Magfirah menyampaikan  harapannya dengan hadirnya rumah sakit hewan pertama di Indonesia Timur ini bisa mendukung setiap proses belajar mengajar mahasiswa di kedokteran hewan Unhas, sehingga mampu bersaing secara global. Bagi masyarakat luas diharapkan dapat  menjadi mitra pendukung dan berperan aktif dalam membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan untuk hidup berdampingan dengan hewan peliharaan tanpa rasa khawatir akan tertular penyakit yang berasal dari hewan.

Direktur Pendidikan Unhas Dr. Risma Illa Maulany, S.Hut., M.NatRest., menyampaikan bahwa kehadiran RSHP Unhas memiliki potensi yang sangat menarik dalam menyasar masyarakat pecinta hewan, khususnya hewan kesayangan untuk mendapatkan perawatan atau tindakan pengobatan yang lebih intensif. Sehingga diharapkan tidak hanya sebagai ruang pendidikan bagi mahasiswa, tetapi juga memberikan ruang fasilitas terlengkap bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan hewan.

“Hal ini tentu diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas bagi Program Studi Kedokteran Hewan Unhas dalam memberikan fasilitas pendidikan terbaik bagi mahasiswa, dan ke depannya diharapkan dapat terus berkembang dan membentuk menjadi fakultas baru yang telah ditunjang dengan keberadaan fasilitas rumah sakit pendidikan hewan ini, serta mendukung terwujudnya visi misi bersama bagi peningkatkan status kesehatan hewan kesayangan,” jelas Dr. Risma.

Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Unhas berlokasi di Kompleks Unhas Baraya, JL. Sunu samping Masjid Al-Markas dengan membuka pelayanan setiap hari dan rawat inap 24 jam. Segala informasi terkait pelayanan dapat di akses melalui akun media sosial (Ig: @rumahsakithewanunhas). 



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata