Viral di Pinrang, KUA tolak pria 44 tahun nikahi gadis 12 tahun.

05 Jul 2020 - 11:57 Wita | Editor: AS

Share

Sumber foto : sosmed dan tagarid

IKONKATA, Pinrang-  Pernikahan  dini  terjadi di Kabupaten Pinrang. Seorang perempuan yang masih berusia  12 tahun dinikahi oleh seorang pria tukang pijit berusia 44 tahun.  Pihak KUA setempat menolak menikahkannya, namun kemudian keluarga mempelai perempuan tetap melangsungkan secara adat. Pernikahan usia  yang berbeda jauh tersebut ramai  di jagad sosial media. 

Kapolsek Suppa, AKP Chandar menceritakan, pernikahan kedua mempelai tersebut berlangsung di kampung halaman NS, mempelai perempuan,  Kampung Lamajjakka, Watang Palu, Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, 30 Juni 2020. Lantaran KUA Suppa menolak karena usia perempuan masih sangat belia pihak keluarga menikahkan secara adat. 

Masih menurut Chandar, mempelai pria adalah seorang pria berkebutuhan khusus  yang telah berusia  44 tahun.  Keduanya sempat berpacaran di mana mereka pertama kali bertemu saat Baharuddin, nama pria tersebut berkunjung ke rumah NS di Pinrang. Pertemuan pertama  itulah, biduk cinta lahir dari keduanya. Antara  Baharuddin dan NS intens komunikasi. Lalu tak lama kemudian Baharudin menyampaikan niat cintanya  kepada NS , bahwa ia sangat mencintainya. Rupanya, respon dari Baharuddin pun ditanggapi positif oleh NS. “Mereka sempat pacaran” ungkap Kapolres.   Tak perlu waktu lama bagi keduanya untuk berpacaran, seumur jagung. Gadis yang masih bau kencur ini tak menolak ketika Baharuddin menyampaikan niatnya untuk menikah.  Maka Baharuddin menemui ayah tiri NS serta kakak kandung NS.  Mereka setuju lalu mulailah  mengurus segala keperluan dan administrasinya. 

Akan tetapi saat ke KUA Suppa, di sinilah mereka mengalami kendala. NS yang masih berusia belia dianggap belum cukup umur untuk melangsungkan pernikahan. Pihak KUA setempat menolak dan tak memberi izin. “Tetapi  kakak kandung dari NS tetap menikahkan mereka” kata Chandar.  Meski ditolak oleh KUA, pihak keluarga NS  berusaha mendapatkan legalitas. Mereka telah bermohon ke Pengadilan Agama Pinrang. 

Foto foto yang beredar melalui beberapa media lokal setempat seperti tagar.id, pijarnews, pernikahan mereka nampak sangat berbahagia. Meskipun berlangsung sangat sederhana namun baik Baharuddin maupun NS mengenakan pakaian adat Bugis. Foto Baharuddin jelas terlihat  terpaut usia  32 tahun  dibanding  NS. Sementara NS beberapakali tersenyum melihat ke arah kamera. NS sendiri adalah seorang gadis putus sekolah di kampung halamannya. Sementara Baharuddin merupakan seorang pria berpropesi utukang pijit yang berasal dari Makassar.  



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata