Walikota Makassar Akan Perkenalkan Kain Sutra Wajo Di Australia

29 May 2022 - 11:21 Wita | Editor: AS

Share

Walikota Makassar Moch. Ramdhan Pomanto saat di hadir acara Halal Bil Halal Masyarakat Wajo di Graha Pena. Foto Humas Pemkot Makassar

"Olehnya itu kami diundang Australia untuk bersama sama membahas sejarah Makassar dengan Australia, Salah satu yang akan saya bawa,dan perkenalkan disana adalah tenun silk dari Wajo,” Walikota Makassar Danny Pomanto

ikonkata.com,Makassar-  Walikota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto berhasrat memperkenalkan kain sutra asal Kabupaten Wajo saat dirinya ke Australia. Sebab Menurut dia, dalam waktu dekat ia akan ke Australia setelah pemerintah  negeri Kanguru mengundangnya ke sana untuk membahas sejarah Makassar dan Australia.  Kedatangannya kelak di Australia, dia tak akan sia siakan untuk emperkenalkan produk khas Wajo yakni sutra Wajo. “Olehnya itu kami diundang Australia untuk bersama sama membahas sejarah Makassar dengan Australia, Salah satu yang akan saya bawa,dan perkenalkan disana adalah tenun silk dari Wajo,” ungkap Danny Pomanto saat di hadapan  tokoh masyarakat, Forkopimda, serta cendikiawan Wajo, pada acara halal BI halal yang digelar Kesatuan Masyarakat Wajo (KEMAWA ) di Gedung Graha Pena. Sabtu malam, 28 Mei 2022.

Danny juga menceritakan bahwa pada setiap event internasional yang berlangsung di Makassar maka kain sutra wajo sering menjadi primadona bagi pengunjung. Bukan hanya pada event event internasional sebab setiap tamu yang berkunjung ke Makassar maka mereka mencari oleh oleh kain sutra asal Wajo. "“Perancang mode, kalau diundang di acara F8 hasil karyanya bahannya banyak berasal dari kain tenun sutra Wajo,” tutur Danny.

 Di Makassar lanjut Danny, sudah banyak warga yang menggunakan kain sutra baik untuk event event tertentu maupun kegiatan kebudayaan dan kemasyarakatan.  Maka dari itulah ia berpandangan bahwa  masyarakat kabupaten Wajo telah banyak memberi sumbangsih yang luar biasa bagi kemajuan Kota Makassar. “Sejarah provinsi Sulsel sangatlah penting bagi Indonesia, karena banyak melahirkan pejabat dari Wajo, Begitu juga dengan kekuatan intelektualnya yang juga banyak melahirkan cendikiawan,” tambah Danny. 

Walikota berlatar belakang arsitektur tersebut menambahkan bahwa dengan berkembangnya sutra Wajo sehingga secara langsung dampaknya begitu besar bagi Makassar. Dirinya menggagas batik lontara dari kain sutra, sehingga meluas menjangkau di tanah air dan internasional. 



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata