Di Ruang Rapat Wakil Bupati, Pihak Disdukcapil Maros Simulasikan Penggunaan KTP Digital Berbasis Android

06 Jan 2023 - 16:38 Wita | Editor: Agatasuci

Share

Foto : Diskominfo Kabupaten Maros

ikonkata.com, Maros –   Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros melaksanakan simulasikan penggunaan KTP Digital di Ruang Rapat Wakil Bupati pada Rabu( 04/01/2023) dan disaksikan langsung Wabup . Hal ini sebagai bentuk inovasi guna memudahkan masyarakat dalam penggunaan/pemanfaatan KTP untuk berbagai keperluan.          

Wakil Bupati Maros, Hj Suhartina Bohari mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan aktivasi KTP Digital dan menghubungi Bagian Pelayanan Disdukcapil bilamana terdapat kesulitan dalam mengakses aplikasi tersebut.   

Beliau berharap para ASN Lingkup Pemkab Maros yang menjadi pionir dan menjadi teladan dalam menerapkan aplikasi ini.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros, Laurensius Nong Kese menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini sebagai langkah awal untuk memperkenalkan KTP Digital dengan cara mengunduh Aplikasi Identitas Kependudukan di Playstore. Setelah pengunduhan, aktivasi KTP Digital tetap dilakukan di Kantor Disdukcapil.  

Dengan adanya KTP digital ini, akan dapat mengefisienkan masyarakat dalam pengurusan dokumen yang memerlukan akses data kependudukan.   

"Jika lupa bawa KTP dan ingin mengurus sesuatu dengan dipersyaratkan KTP, maka kita tidak perlu risau lagi karena dengan Aplikasi Identitas Kependudukan kita sudah bisa perlihatkan data kita dengan KTP Digital dan berkas lain yg dibutuhkan melalui HP/smartphone” tutur Kadis.

Meski pun demikian, dengan adanya ktp digital tidak mematikan peran dari KTP fisik. Ini hanya untuk makin memudahkan masyarakat. Lebih lanjut dikatakan: “karena tidak semua masyarakat memiliki smartphone, jadi KTP fisik tetap berlaku jika ingin digunakan”.

Bagi masyarakat yang tinggal di pelosok Kabupaten Maros, jika mengalami kesulitan untuk mengaktivasi KTP Digital, dipersilakan datang ke kantor Disdukcapil dan akan dilayani sebagaimana mestinya.  

Kadis Dukcapil mengungkapkan, sudah ada Program PAKINTAKI atau Pelayananan Administrasi Kependudukan Integrasi Keliling yang akan dilaksanakan jika Blanko KTP dari Pusat sudah tersedia di Maros yang diperkirakan akan tersedia pada pertengahan bulan ini.

Pihak Disdukcapil berharap dengan langkah cepat untuk mensosialisasikan KTP Digital ini, para penyelenggara pelayanan publik lainnya juga mampu memudahkan akses masyarakat.

Ada pun dokumen yang dapat diakses di Aplikasi Identitas Kependudukan antara lain KTP,  NPWP, Kartu Keluarga, Data Kesehatan, Data Kepegawaian, Daftar Pemilih Tetap, Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan data lainnya.  




Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata