FMIPA Unhas Gelar Workshop Series on Computational Science

18 Nov 2022 - 14:57 Wita | Editor: Agatasuci

Share

Foto : Biro Komunikasi Universitas Hasanuddin

ikonkata.com, Makassar - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menggelar Workshop Series on Computational Science (Mathematics, Physics, Chemistry, And Bioinformatics). Pembukaan kegiatan berlangsung secara Hybrid Meeting (offline and Online), pada Rabu (16/11) dan berlangsung selama tiga hari yang dibagi menjadi empat sesi. 

Sesi pertama dilaksanakan pada hari rabu (16/11) pukul 09.00 di Lecture theatre FMIPA Unhas. Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirahusaan, dan Bisnis Unhas Prof. Dr. Eng. Ir. Adi Maulana, S.T., M. Phil.

Turut hadir Wakil Rektor Bid, Perencanaan, Pengembangan, dan Keuangan (Prof. Subehan., S.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D., Apt), Dekan Fakultas MIPA (Dr. Eng. Amiruddin, S. Si., M. Si), jajaran pimpinan, ketua Gugus Penjaminan Mutu, Kepala Laboratorium, Ketua Program Studi, serta sivitas akademika FMIPA Unhas.

Dalam sambutannya Dr. Eng. Amiruddin,S.Si., M. Si. Selaku Dekan FMIPA Unhas menyampaikan bahwa ide awal kegiatan ini muncul dari Prof. Tasrief dan teman-teman, dan kegatan ini juga merupakan workshop pertama yang direncanakan akan menghasilkan output dalam bentuk buku, yakni melalui pemaparan para pemateri akan diterbitkan buku. 

Lebih lanjut, Dr. Eng. Amiruddin,S.Si., M. Si., menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan ini sebagai salah satu wujud program kerja internasionalisasi, yang sebelumnya juga telah diadakan kuliah tamu kerja sama berbagai universitas luar negeri, salah satunya bersama Fakultas Science Universitas Malaya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Keuangan  Prof. Subehan., S.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D., Apt., menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan program pendukung Unhas dalam program internasionalisasi. Menurutnya FMIPA merupakan fakultas yang sangat produktif dengan memiliki SDM yang baik, hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah publikasi dan sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan.

Prof. Widodo, S. Si., M. Si., Ph.D.Med.Sc., selaku Rektor Universitas Brawijaya memaparkan materinya, dirinya menyampaikan bahwa dulu Unhas berada dibawah UB, tetapi sekarang sulit untuk mengejar Unhas. 

“Penting bagi kami untuk berkolaborasi dengan Unhas agar publikasi kami menjadi semakin baik dan dapat mengejar Unhas, Kiranya dalam lingkup perguruan tinggi tidak bersaing tetapi berkolaborasi melalui publikasi dan kegiatan seperti ini,” jelas Prof. Widodo.

Pada sesi pertama, Workshop Series on Computational Science (Mathematics, Physics, Chemistry, And Bioinformatics) menghadirkan pemateri Ahmad Ridwan T. Nugraha, Ph.D., yang membahas mengenai topik “Introduction to the Tight-Binding Approximation and its Computational Aspects”.

Dilanjutkan pada sesi kedua, pada Kamis (17/11) di Lecture theatre FMIPA Unhas yang hadir sebagai pemateri adalah Rektor Universitas Brawijaya (Prof. Widodo, S. Si., M. Si., Ph.D.Med.Sc) yang membahas topik tentang “Computational Biology / Bioinformatics”.

Pemateri pada sesi ketiga, yaitu  Muhammad Abdul Kadir Martoprawiro, M.S., Ph.D.,  Dosen Departemen Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) yang membahas topik tentang “Density Functional Theory and it’s Application in Chemistry”. 

Untuk sesi keempat akan dilaksanakan pada hari Selasa (22/11) Pukul 13.00 di Lecture theatre FMIPA Unhas menghadirkan pemateri Prof. Sauro Succi, Ph.D., dari Istituto Italiano di Tecnologia La Sapienza and Research Affiliate Physics Dep. Harvard University yang membahas topik tentang “Lattice Boltzmann Theory: From the construction to Basic and Advanced Applications”. 



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata