Gubernur Resmikan Pengoperasian Listrik 24 Jam di Pulau Lae-Lae

02 Nov 2022 - 16:33 Wita | Editor: Agatasuci

Share

Foto : Humas Pemprov Sulsel

ikonkata.com, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman didampingi Sekretaris Provinsi Sulsel, Abdul Hayat dan GM PLN Sulselrabar Mochammad Andi Adchaminoerdin meresmikan pengoperasian layanan listrik 24 jam di Pulau Lae-lae, Kota Makassar, Rabu, 2 November 2022. 

Selama ini Lae-lae hanya menikmati layanan listrik PLN 6 jam sehingga perlu mendapat perhatian agar pelayanan masyarakat dapat merata. Listrik ini untuk melayani 450an kepala keluarga dan fasilitas umum lainnya. Layanan ini telah beroperasi sejak 7 Oktober lalu fungsional.

"Alhamdulillah, kita datang ke sini, sebelumnya telah memberikan fasilitas listrik 24 jam bersinergi dengan PLN, sebelumnya. Masyarakat hanya terlayani selama 6 jam listriknya," kata Gubernur Andi Sudirman.

Usai peresmian, ia berkunjung ke rumah warga serta mengecek fasilitas pelayanan publik seperti puskesmas dan masjid. Demikian juga di rumah-rumah warga.

"Tadi kita sudah lihat aktivitas masyarakat secara langsung. Berbagai hal dilakukan oleh masyarakat dengan alat-alat yang menggunakan listrik di siang hari. Kedengaran suara televisi yang menyala, bahkan tadi nonton bareng masyarakat acara PORPROV Sulsel untuk final bola," sebut Andi Sudirman.

Lanjutnya, bahwa dengan teraliri listrik 24 jam, usaha masyarakat di bidang ekonomi dapat menggeliat. Seperti untuk masyarakat yang berdagang. Atau usaha bidang perikanan.

"Doa kita ekonomi bisa lebih maju dan sudah bisa membuat fasilitas support layanan perikanan cold box dan sebagainya," sebutnya.

"Paling penting sudah terang benderang 24 jam. Apalagi 77 tahun merdeka, masih selalu tidak full 24 jam penerangannya, sekarang pelayanan dasar listrik sudah kita penuhi," imbuhnya.

Plt Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Sulawesi Selatan, Andi Bakti Haruni menyatakan bahwa pengadaan ini merupakan komitmen dari gubernur untuk menghadirkan pelayanan 24 listrik di pulau. 

"Alhamdulillah kita sudah bisa memenuhi kewajiban kita sebagai pemerintah untuk menyediakan layanan listrik selama 24 jam," ucapnya.

GM PLN Sulselbar, Mochammad Andi Adchaminoerdin menyampaikan, pihak PLN berkomitmen untuk menjaga pelayanan pada pelayanan masyarakat tetap terlayani. 

"Sekali lagi kami bersyukur kami bisa menjalankan tugas khusus masyarakat Lae-Lae," ucapnya.

Camat Ujung Pandang, Kota Makassar, Syahrial Syamsuri, menyampaikan apresiasi kepada gubernur dan PLN atas hadirnya layanan ini.   

"Jadi 3 permasalahan utama yang sering kami dapatkan di Pulau Lae Lae, dua di antaranya adalah pemenuhan kebutuhan pokok yakni air bersih dan listrik, nah listrik sudah terpenuhi oleh pemerintah provinsi. Sehingga PR kami masih ada, kami akan terus mencari jalan agar masyarakat bisa menikmati air bersih juga,

"Tapi atas nama masyarakar Pulau Lae-lae kami merasa bersyukur dan berterimakasih atas bantuan dari Pemerintah Provinsi dan bekerja sama dengan PLN untuk bagaimana bisa menghadirkan listrik 24 jam," pungkasnya.



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata