Ikafe Unhas Berkomitmen Menjaga Tradisi Tanpa Proposal

23 Oct 2022 - 19:32 Wita | Editor: Agatasuci

Share

Ikafe Unhas Berkomitmen Menjaga Tradisi Tanpa Proposal

ikonkata.com, Makassar - Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IKAFE) Unhas,  berkomitmen menjadi organisasi yang tidak mengandalkan proposal pendanaan dalam menjalankan roda organisasinya.  Namun lebih mengedepankan urunan sukarela anggota. 

Gotong royong donasi ini sejatinya bukan hal baru, tapi sudah menjadi tradisi sejak lama dalam keluarga alumni ekonomi. Sejak masa kepemimpinan Asmawi Syam dan Iqbal Latanro menancapkan paradigma ini. Jika ada kegiatan produktif dan untuk kebersamaan, ikafe selalu bergotong royong dan urunan sukarela.  Dalam bahasa Asmawi Syam (Pelindung Ikafe Unhas) Ini  bagian dari kewajiban alumni membayar "deviden".

Ketua Umum Ikafe Unhas Hendra Noor Saleh mengatakan, strategi pendanaan berbasis crowdfunding  alumni, menjadikan organisasi semakin mandiri, bersinergi dan berimprovisasi.

“Ikafe akan meninggalkan pola-pola pendanaan usang dengan mengirim-mengirim proposal. Kita berusaha untuk memberdayakan potensi pendanaan dari internal, dibandingkan dari eksternal anggota,” ungkap Hendra saat proses pelantikan Pengurus Pusat Ikafe Unhas 2022-2026 di Ruang Senat Prof. Kustiah Fakultas Ekonomi Unhas, Jumat, 21 Oktober 2022.

Visi untuk mewujudkan transformasi model pendanaan gotong-royong, tentu saja tidak mudah. Namun pesan ini penting disampaikan kepada pengurus,  agar setiap alumni memahami bahwa eksistensi Ikafe lebih menarik dan dapat berkembang dengan baik bila mereka berperan serta bagi organisasi untuk berdonasi sekecil apapun nilainya.    

“Kita ingin Ikafe terus berbenah dengan kekuatan alumni-alumninya, dan program-program kerja juga tidak boleh muluk-muluk tapi berdampak nyata bagi alumni dan almamater, “ ujar mantan Ketua Senat FE-Unhas 1987-1988 ini.  

Sementara itu Ketua Umum IKA Unhas Andi Amran Sulaiman (AAS), mengapresiasi komitmen Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (Ikafe) Unhas menjadi organisasi yang terus berbenah, dengan mendorong alumni berkontribusi kepada organisasi. AAS mengatakan strategi model pendanaan urunan memang perlu dikembangkan dalam kehidupan berorganisasi, karena tidak hanya menyehatkan namun juga menetralisir sengketa-sengketa yang disebabkan konflik kepentingan. 

“Saya mendukung Ketua Umum Ikafe yang bercita-cita menjadi ketua umum tanpa proposal, karena kita ini memang merupakan organisasi sosial," ujarnya.

Proses pelantikan Ikafe 2022-2026 ini merupakan rangkaian kegiatan Ikafe selama di Makassar yang telah berlangsung sejak Selasa 18 Februari 2022 yang mengadakan webinar, praktisi mengajar, dan stadium generale yang menampilkan alumni-alumni di posisi strategis pada berbagai instansi. 

Selain itu, Ikafe Unhas juga menyelenggarakan musik senja untuk menghibur alumni yang ingin bernostalgia, aksi donor darah sebagai wujud kepeduliaan sosial, meramaikan jalan santai Dies Natalis ke-74 FEB Unhas. Tema besar yang diusung Ikafe Unhas dalam kegiatan adalah Collaborative dan Joyfull.



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata