Jalan Ruas Rantepao - Sa'dan - Batusitanduk 5,4 Km Rampung 100 Persen, Gubernur: Sekaligus Jalur Pintas

09 Jan 2023 - 17:56 Wita | Editor: Agatasuci

Share

Foto : Humas Pemprov Sulsel

ikonkata.com, Makassar — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas PUTR telah menyelesaikan pengerjaan jalan Ruas Rantepao - Sa'dan - Batusitanduk sepanjang 5,4 km untuk pengerjaan tahun 2022.

“Alhamdulillah, telah tuntas 100 persen pengerjaan jalan ruas Rantepao - Sa'dan - Batusitanduk sepanjang 5,4 km untuk pengerjaan tahun 2022 dengan konstruksi jalan aspal plus bahu beton,” kata Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Minggu, 8 Januari 2023.

Adapun ruas jalan yang menghubungkan dua kabupaten ini dikerjakan secara bertahap. Dimana tahun 2020 lalu, telah ditangani sepanjang 3 km. Sementara tahun 2021 telah ditangani sepanjang 11,40 km.

“Insya Allah jalan yang menghubungkan Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Luwu ini masih berlanjut di tahun 2023 ini secara bertahap,” sebut Andi Sudirman.

Jalan ini dapat menjadi akses yang digunakan masyarakat sebagai jalur alternatif penunjang, jika  jalan nasional pada ruas Rantepao - Palopo tidak dapat dilalui. Sehingga memudahkan aksesibilitas masyarakat dalam menunjang kelancaran transportasi.

“Ini diharapkan dapat menjadi akses Luwu Raya ke Toraja sekaligus jalur pintas akses barang dan jasa untuk mendukung percepatan ekonomi dan pariwisata Toraja dan Luwu Raya,” ucapnya.

Jalan sebelumnya berupa jalan tanah dan dengan hadirnya jalan ini membuka akses masyarakat yang terisolir di wilayah tersebut.

“Sebelumnya ini jalan tanah dan dengan hadirnya jalan ini membuka akses terisolir di wilayah tersebut,” sebut Kabid Bina Marga PUTR Sulsel, Irawan Dermayasamin Ibrahim, ST, M.Si.

Untuk tahun 2022 yang telah selesai 100 persen untuk ada dua paket pengerjaan pembangunan pada ruas jalan ini. Total nilai kontraknya Rp29,5 miliar.



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata