Lanjutan Liga BRI Segera Bergulir, 16 Stadion Lolos Verifikasi. PSM Pilih Stadion Mana?

16 Nov 2022 - 18:19 Wita | Editor: AS

Share

PT LIB berharap pemerintahan izinkan Liga1 bertulis 2 Desember 2022. Foto, twitter

ikonkata.com,Jakarta - PT Liga Indonesia Bersatu (LIB) selaku regulator sepak bola kata tertinggi di Indonesia telah mengumumkan hasil verifikasi stadion yang layak untuk menjadi venue bagi tim Liga1 BRI. Pengumuman hasil verifikasi tersebut menyusul pasca insiden tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur yang menewaskan lebih dari 130 suporter, usai laga Arema FC VS Persebaya Surabaya. Dalam verifikasi tersebut sebanyak 16 stadion yang dinyatakan lolos verifikasi diantaranya Jakarta International Stadium (JIS). Sementara stadion tempat bascamp PSM Makassar yakni Stadion Gelora BJ Habibie Parepare tak masuk daftar yang lolos verifikasi PT LIB. Lalu ke manakah PSM akan bertanding? ada yang menyebut klub kebanggaan Sulawesi Selatan tersebut akan memilih JIS atau salah satu stadium di Kalimantan Timur?. 

PSSI akan segera melanjutkan laga Liga1 BRI yang sempat terhalang lantaran tragedi suporter yang terjadi di Malang Jawa Timur. Meski belum ada jadwal yang pasti namun PT LIB telah melakukan verifikasi stadion yang akan menjadi venue bagi klub Liga1.  Stadion tersebut yakni Jakarta International Stadium,  Gelora Bung Karno, Stadion Si Jalak Hurapat, Jakabaring, Gelora Bung Tomo,  Kapten I Wayan Dipta, Batakan, Indomilk Arena, Stadion Utama Riau. Sementara Pakansari, Patriot, Maguwoharjo dan Segiri masuk dalam daftar cadangan sebab belum diumumkan oleh pengelolah baru PT LIB. "kurang lebih 16 stadion, termasuk JIS dan Indomilk Arena juga Stadion Utama Riau" ungkap Komisaris Utama LIB Juni Ardianto di Jakarta. LIB mengakui bahwa ada beberapa stadion yang belum pernah digunakan untuk LIB namun setelah melakukan pemeriksaan pada kondisi stadion maka dinyatakan stadion tersebut layak sebagai venue. Selain stadion yang disebutkan tadi, LIB mengaku belum bisa memberi kepastian apakah stadion yang layak masih akan di klasifikasi atau tidak? Yang pasti keberadaan ke 16 stadion tersebut dianggap layak dan cukup untuk menggelar lanjutan Liga 1 Indonesia 2022/2023 dengan format kandang dan tandang. 

Mengenai stadion lain, Juni yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI itu mengaku belum bisa memberikan keterangan. Tetapi pihak LIB lanjutnya masih akan melakukan verifikasi ,"pasti nanti akan ada verifikasi stadion yang lain" tambahnya. 

Dengan demikian dari 16 stadion yang dinyatakan lolos verifikasi tersebut venue PSM Makassar yang memilih hombase di Gelora BJ Habibie dinyatakan tak lolos verifikasi. Sebelumnya tim dari Komite Keselamatan Bangunan yang dibentuk oleh Kementerian PUPR telah berkunjung ke Parepare. Tim ini turun melakukan tugasnya untuk meng audit seluruh stadion di Indonesia yang digunakan oleh klub sepak bola yang berlaga di Liga 1 BRI.   Sebelumnya Dirut PSM Sadikin Aksa mensupport langkah yang ditempuh oleh PSSI dan LIB dalam melakukan verifikasi stadion untuk keberlangsungan liga Indonesia termasuk melakukan verifikasi terhadap hombase PSM di Parepare. Lantas di mana PSM akan memilih hombase? hingga saat ini manajemen PSM Makassar belum memutuskan sebba masih menunggu jadwal kelanjutan laga dari PT LIB dan pemerintah. 

Sementara itu melalui jumpa pers nya yang berlangsung di Jakarta, PT LIB berharap kelanjutan Liga 1 bergulir pada 2 Desember 2022. Dirut PT LIB, Ferry Paulus berharap pemerintah mengeluarkan izin Liga 1 pada 2 Desember 2022.



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata