Perkuat Silaturahmi, DWP Unhas Gelar Pertemuan Bahas Peran Keluarga Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual

10 Jan 2023 - 17:43 Wita | Editor: Agatasuci

Share

Foto : Biro Komunikasi Universitas Hasanuddin

ikonkata.com, Makassar - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Hasanuddin menggelar pertemuan dalam rangka arisan dan silaturahmi yang dilaksanakan di Aula Gedung Dekanat Lantai 2 Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Unhas, pada Selasa (10/01).

Pertemuan yang menjadi agenda rutin oleh DWP Unhas ini menghadirkan pemateri Dr. Ir. Mardiana Ethrawaty Fachri, M.Si., sebagai narasumber yang membahas topik menarik dengan tema “Kekerasan Seksual dan Upaya Pencegahan Melalui Peran Keluarga”.

Mengawali kegiatan, Ny. Yashinta Safruddin selaku Ketua DWP FIKP Unhas dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada segenap anggota pengurus DWP yang telah hadir untuk saling bersilaturahmi bersama dan mewakili fakultas masing-masing. Serta seluruh panitia yang telah melakukan berbagai persiapan penyambutan dalam agenda kegiatan hari ini.

“Sebagai tuan rumah kami sangat bangga atas pelaksanaan kegiatan hari ini yang tidak hanya sekedar saling bersilaturahmi, tetapi kita menjadi sebuah organisasi yang cerdas, efektif dan efisien. Kita pastikan bahwa setiap  kegiatan memiliki nilai tambah ilmu pengetahuan. Jadi bukan hanya sekedar kumpul-kumpul biasa tapi ada isu yang dibahas yang dapat menjadi sumbangsih pemikiran bagi bangsa dan negara,” jelas Ny. Yashinta.

Pada kesempatan yang sama, Ny. Hartati Tanti Jamaluddin Jompa (Ketua DWP Unhas) menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan ini. Melalui agenda rutin yang menghadirkan narasumber dalam penyampaian materi menarik dapat memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan baru, sehingga dapat memperkuat peran DWP Unhas dalam berkontribusi mendukung eksistensi lembaga.

“Tentu keluarga memiliki peran penting dalam setiap proses sosialisasi norma dan etika sosial. Melalui  kesempatan ini diharapkan menjadi momentum untuk kita lebih memahami dan memberikan edukasi dalam keluarga untuk menciptakan dan membangun pendidikan berkarakter,” jelas Ny. Hartati.

Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dr. Ir. Mardiana Ethrawaty Fachri, M.Si. Secara umum dijelaskan bagaimana membangun kesadaran keluarga antara suami, istri, dan anak sebagai bagian dari masyarakat berpendidikan, dengan membangun moral dan akhlak mulia. Dalam strategi pencegahan seksual di kampus sangat diperlukan adanya kewaspadaan diri untuk memahami mahasiswa, tendik, dan dosen yang “berlebihan” dalam berkomunikasi.

Hal tersebut, dapat dilakukan melalui berbagai proses sosial antar anggota keluarga, diantaranya melakukan komunikasi terkait teman dan kegiatan diluar rumah, adanya pendampingan dan pemberian pemahaman terkait pemanfaatan teknologi, seperti tv, hp, buku, serta memasukkan unsur pendidikan agama.

Kegiatan berlangsung lancar dan diisi dengan sesi diskusi bersama anggota DWP Unhas, dan diakhiri dengan foto bersama.



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata