Program Studi Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak FK Unhas Jalani Proses Re-Akreditasi LAMPT-Kes

11 Jan 2023 - 15:12 Wita | Editor: Agatasuci

Share

Foto : Biro Komunikasi Universitas Hasanuddin

ikonkata.com, Makassar - Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Program Studi Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin jalani proses asesmen lapangan akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Acara pembukaan visitasi berlangsung di Mini Auditorium S3 Fakultas Kedokteran Unhas Kampus Tamalanrea, Makassar, pada Selasa (10/01/23).

Adapun tim asesor LAMPT-Kes yang akan melakukan visitasi akreditasi, yakni Dr. dr. Djatnika Setiabudi, SP.A (K), dan dr. Abdul Latief, Sp.A (K)

Mengawali kegiatan, Ketua Departemen Anak FK Unhas Dr. dr. Aidah Juliaty A.Baso , Sp.A (K), Sp.GK., dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada tim asesor yang telah hadir secara langsung di FK  Unhas. Dirinya menjelaskan secara umum terkait gambaran Profil Departemen anak yang memiliki visi untuk menghasilkan Dokter Spesialis Anak yang berwawasan internasional, berbasis benua maritim, dan berprestasi serta berperan aktif meningkatkan derajat kesehatan anak Indonesia, dengan salah satu misinya untuk berperan aktif dalam bidang sosial kemasyarakatan demi terwujudnya anak Indonesia yang sehat dan cerdas

Lebih lanjut,  Dr. dr. Aidah Jualiati, SP.A (K)., memperkenalkan sarana prasarana yang dimiliki PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak, diantaranya kehadiran Klinik Mother and Child yang ada di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo, dalam memberikan pelayanan terbaik bagi kesehatan ibu dan anak secara terpadu.

Pada kesempatan tersebut, Direktur RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo, beserta Direktur Utama RSP Universitas Hasanuddin turut memberikan dukungannya dalam setiap pencapaian PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak FK Unhas. Kualitas tenaga dokter spesialis yang dimiliki sejalan dengan pentingnya  layanan program studi anak dalam memberikan pelayanan paripurna, serta menjadi wujud dan komitmen dalam memberikan kontribusi terbaik bagi peningkatan kesehatan keluarga, utamanya di kabupaten kota.

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas (Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes., Sp.PD-KGH., Sp.GK (K))., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas seluruh persiapan yang telah dilakukan oleh Departemen Ilmu Kesehatan Anak, guna memaksimalkan seluruh penyempurnaan dokumen borang akreditasi. Dirinya berharap  kunjungan tim asesor LAMPT-Kes ini dapat memberikan saran serta masukan untuk pengembangan PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak FK Unhas. 

“Kita harapkan apa yang dipotret oleh para tim asesor dalam proses visitasi asesmen lapangan ini, dapat menjadi satu wujud yang sama dengan  nilai yang diberikan. Kehadiran tim asesor ini tentunya datang bukan untuk melakukan investigasi, tetapi datang untuk  visitasi dan silaturahim. Tim akreditasi kami sudah bekerja secara maksimal ,sehingga kami harapkan bersama hasil yang diberikan sesuai dengan harapan dan tujuan bersama dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan, untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berkompeten,” jelas dr. Haerani.

Mewakili Rektor Unhas, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K)., turut menyampaikan harapannya melalui proses reakreditasi ini dapat membuktikan kualitas FK Unhas dalam memberikan kualitas mutu pembelajaran dengan memiliki berbagai fasilitas dan keunggulan bagi mahasiswa untuk menjadi  lulusan dokter spesialis yang siap memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya bagi ibu dan anak.

Setelah proses pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan proses visitasi yang dilakukan oleh tim asesor LAMPT-Kes. Dijadwalkan, proses visitasi akan berlangsung hingga Kamis (12/01).



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata