Samintang, Wakili SDGs Center Unhas Bahas Solusi Bagi Tantangan yang Dihadapi oleh Industri di Indonesia Development Forum 2022

28 Nov 2022 - 18:04 Wita | Editor: Agatasuci

Share

Foto : Biro Komunikasi Universitas Hasanuddin

ikonkata.com, Makassar - Sustainable Development Goals (SDGs) Center Universitas Hasanuddin terlibat dalam Indonesia Development Forum (IDF) 2022 yang diwakili oleh Samintang sebagai Duta Kampus SDGs Unhas tahun 2020 (Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Kegiatan yang bertemakan “The 2045 Development Agenda: New Industrialization Paradigm for Indonesia’s Economic Transformation” ini berlangsung di Bali pada 21-22 November 2022.

Melalui wawancara pada Senin (28/11), Samintang menjelaskan terkait proses keikutsertaannya dalam Indonesia Development Forum (IDF) 2022 ini adalah setelah dirinya mengikuti Call for Submission 2020 dan dinyatakan lolos pada 2021 serta menjadi pemenang Call for Submission (CfS) 2022. 

Kesempatan ini diberikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) sebagai speaker pada marketplace session sekaligus salah satu champions Call for Submission pada forum interaktif IDF 2022 guna membahas solusi bagi tantangan yang dihadapi oleh industri. 

“Pada pemaparan forum interaktif, saya memberikan pemaparan terkait salah satu solusi bagi tantangan yang dihadapi oleh industri, yaitu melalui pemanfaatan sumber daya lokal menjadi produk bersaing melalui pemanfaatan Amorphophallus Muelleri Blum menjadi edible bioplastic ramah lingkungan,” jelas Samintang.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa Indonesia Development Forum (IDF) adalah konferensi internasional yang diselenggarakan oleh PPN/Bappenas dan pertama kali diadakan di tahun 2017. Forum ini mendorong para aktor dari sektor publik, swasta, sampai nirlaba bertemu secara interaktif untuk bertukar pikiran dan gagasan dalam menjawab tantangan pembangunan utama di Indonesia.

Sejak 2020, IDF berfokus dalam mendorong tumbuhnya gagasan-gagasan strategi industrialisasi baru yang diharapkan dapat melengkapi, memperkuat, dan meningkatkan efektivitas kebijakan pembangunan industri yang ada sehingga mampu mendorong transformasi sosial dan ekonomi di Indonesia dalam mewujudkan visi menjadi negara maju, adil, dan sejahtera.

Dalam pelaksanaannya, IDF telah menyelenggarakan rangkaian IDF “IDEA Series”: Inspire, Imagine, dan Innovate. “IDEA Series”: Inspire dan Imagine dilaksanakan secara daring dengan peserta dari berbagai daerah dan latar belakang dan “IDEA Series”: Innovate dilaksanakan secara hibrid di empat provinsi yaitu Jawa Tengah, Bali, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Timur dengan melibatkan pelaku industri terkait.

Sebagai penutup rangkaian acara IDF 2022, diselenggarakan Acara Puncak IDF 2022 dengan mengusung tema “The 2045 Development Agenda: New Industrialization Paradigm for Indonesia’s Economic Transformation”, yang diharapkan dapat mendorong gagasan-gagasan strategi industrialisasi baru terutama untuk menciptakan nilai tambah produksi, peningkatan kualitas SDM, dan merespons dinamika perkembangan global dan digitalisasi. 



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata