UEFA Dan Seluruh Klub Eropa, Kompak Menyatakan Simpati dan Solidaritas Atas Tragedi Kanjuruhan

03 Oct 2022 - 15:23 Wita | Editor: AS

Share

Pemain Real Madrid dan pemain Osasuna mengheningkan cipta untuk tragedi Kanjuruhan sebelum bertanding. Termasuk seluruh fans kedua keseblasan. Foto, Twitter.

ikonkata.com, Swiss-Tragedi Kanjuruhan Malang telah menjadi perhatian dunia. Pertandingan derby Jawa Timur yang mempertemukan Arema FC Vs Persebaya justru menimbulkan kerusuhan pada akhir pertandingan. Beragam informasi yang beredar bahwa jumlah penonton yang tewas mencapai 130 orang lebih namun versi kepolisian menyatakan 125 orang di mana dua diantaranya adalah anggota kepolisian resort Malang.  Selain korban tewas,  kerusuhan juga menyebabkan puluhan kendaraan yang dibakar oleh massa. 

Ucapan simpatik berasal dari berbagai belahan dunia terutama yang berasal dari komunitas sepak bola. Mulai Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), AFC hingga klub klub Eropa. 

"Atas nama sepak bola Eropa saya ingin menyampaikan keterkejutan dan kesedihan yang mendalam atas kejadian mengerikan tadi malam di Stadion Kanjuruhan Jawa Timur" ujar Presiden UEFA Alexander Ceferin melalui akun twitter UEFA.com. 

"Komunitas kami mengirimkan simpati dan solidaritasnya kepada semua orang yang terkena dampak tragedi ini" tambah Alexander. 

Simpatik dan solidaritas dari eropa terhadap tragedi Kanjuruhan Indonesia bukan hanya berasal dari induk organisasi sepak bola Eropa. Pada lanjutan Liga domestik seperti  Seri A Italia, Preamier League Inggris,  La Liga Spanyol, Bundesliga hingga Liga Belanda anggota  klub mereka memberikan penghormatan kedukaan pada tragedi sepak bola di Indonesia. Selain memasang pita hitam pada lengan, klub klub eropa yang bertanding pada Minggu 2 Oktober 2022 mengheningkan cipta sebelum laga berlangsung. Seluruh fans di stadion serta pemain berdiri berangkulan sambil mengheningkan cipta. 

Selain itu klub klub liga eropa juga menuliskan ungkapan mendalam melalui halaman halaman beranda akun media sosialnya. 

"Kami sangat terkejut dan sedih dengan kejadian di Stadion Kanjuruhan di Malang, Indonesia. 

Sebagai bagian dari keluarga sepak bola, pikiran dan doa kami untuk semua yang terkena dampak" AS Roma 

"Kami sangat sedih mengetahui tragedi di Stadion Kanjuruhan di Indonesia tadi malam. Pikiran semua orang eropa bersama untuk sepak bola Indonesia" AFC Bournemouth

"Kami turut berduka cita atas musibah yang terjadi di Stadion Kanjuruhan. Pikiran Fulham Football Club bersama para korban dan keluarga mereka yang menjadi korban saat kejadian tragis" Fulham FC 

"Kami sangat sedih untuk menjadi saksi atas peristiwa di Stadion Kanjuruhan di Indonesia. Pikiran kami tertuju pada semua orang yang terkena dampak tragedi ini" AC Milan 

"FC Barcelona merasa sedih dan turut berduka atas peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia dan menolak semua tindakan kekerasan di dalam maupun di luar lapangan. 

Belasungkawa tulus kami sampaikan kepada keluarga korban dan teman teman para korban" Barcelona 

"Kami sangat tersentuh dan sedih atas tragedi ini" Arsenal 

"kami sangt sedih mendengar peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia. Pikiran kita bersama semua yang terkena dampak" Manchester City. 

"Kami semua di Chelsea Football Club sangat berduka atas kejadian di Stadion Kanjuruhan di Indonesia. Kami bersama orang orang yang terkenda dampak atas tragedi ini" Chelsea 

"FC Bayern sangat berduka atas tragedi di Stadion Kanjuruhan Indonesia dan menolak semua tindakan kekerasan. Pikiran hati kami tulus bersama semua yang terkena dampak" Bayern Munich 

Untuk mengurai  kasus tragedi Kanjuruhan Malang pemerintah telah membentuk tim khusus yang disebut Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tim ini diketuai oleh Menkopolhulkam Mahfud MD, Wakil Ketua Menpora Zainudin Amali, Sekretaris Dr. Nur Rochmad dan  beranggotakan Rheinald Kasali, Sumaryanto, Akmal Marhall, Anton Sanjoyo, Nugroho Setiawan, Doni Monardo, Dr. Suwarno, Irjen Pol Purn Sri Handayani, Laode M.Syarif dan Kurniawan Dwi Yulianto. 



 



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata