Unhas Gelar Pertemuan Bahas Implementasi Kerja Duta K3 dalam Mendorong Keselamatan Kerja Sivitas Akademika

12 Oct 2022 - 09:32 Wita | Editor: Agatasuci

Share

Foto : Humas Universitas Hasanuddin

ikonkata.com, Makassar - Universitas Hasanuddin melalui Subdirektorat Sistem Jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) melakukan pertemuan bersama para Duta K3 di lingkup kampus dalam rangka membahas perkembangan hasil inspeksi K3 pada masing-masing unit kerja. Kegiatan berlangsung pada Selasa (11/10) di Ruang Senat, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Rektor Bidang SDM, Alumni, dan Sistem  Informasi (Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum), Kasubdit Sistem Jaminan K3 (Dr. Lalu Muhammad Saleh, SKM. M.Kes), Kasubdit Pendidikan dan Pelatihan (Ir. Sahiruddin S.Pt.,M.Si.,IPM., ASEAN Eng) dan para Duta K3 dari seluruh perwakilan fakultas dan lembaga pada lingkup Unhas.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Farida menyampaikan pertemuan tersebut bertujuan untuk melaporkan inspeksi K3 rutin seluruh unit kerja yang ada di lingkup Unhas. Dirinya mengatakan, kedepan pertemuan tersebut akan dilaksanakan setiap bulan guna melaporkan setiap perkembangan hasil inspeksi K3 yang dilakukan oleh para duta masing-masing unit kerja. Hasil inspeksi K3 meliputi identifikasi bahaya, lokasi, dampak, dan rekomendasi berupa pencegahan, serta penanggulangan bahaya.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi program pencegahan dalam masalah kesehatan dan keselamatan kerja. Kita ingin menghadirkan lingkungan kerja yang nyaman dan aman bagi seluruh sivitas akademika Unhas. Kami berharap para Duta K3 bisa menjadi perpanjangan tangan untuk mendukung keselamatan dan Kesehatan kerja sivitas akademika,” jelas Prof. Farida.

Para peserta yang merupakan Duta K3 dari lingkup Unhas melaporkan hasil inspeksi secara bergiliran. Secara garis besar, hasil inspeksi K3 mencakup sarana prasarana Unhas saat ini seperti kondisi pohon, fasilitas kampus yang perlu mendapatkan perhatian, limbah B3 dari laboratorium, hingga kondisi musim hujan yang dapat memengaruhi kondisi bangunan.

Hasil laporan yang disampaikan oleh Duta K3 kemudian ditindaklanjuti oleh pihak universitas yang akan berkoordinasi dengan unit kerja masing-masing. Selain itu, sistem pelaporan inspeksi diharapkan dilengkapi dan diperbaiki sesuai format yang ada. 



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata