Warga Tertimpa Pohon, Air Hingga Ke Badan Jalan Hingga Terjebak Banjir, Warnai Bencana Sulsel Hari Ini

18 Nov 2022 - 15:14 Wita | Editor: AS

Share

Banjir melanda kota Parapare, seorang pengendara terlihat pingsan. foto, tangkapan layar WA

ikonkata.com,Makassar Sejumlah kawasan di Sulawesi Selatan di landa banjir menyusul hujan deras  melanda daerah tersebut sejak  Kamis malam 17 November 2022. "Tolong tolong Tegal 2 Parepare, warga di sini terjebak di rumah masing masing. Tolong Basarnas bantuannya, tolong Basarnas orang di situ rumahnya sudah miring" teriak seorang warga Parepare sambil merekam suasana banjir yang ada di sekitar rumahnya. Dalam video yang banyak beredar di media sosial tersebut air deras melimpah kawasan sekitar rumah perekam video itu. Air deras juga terlihat sudah memasuki rumah rumah warga yang terbuat dari kayu. Sementara di Makassar, Jalan Kartini depan kantor Pengadilan Negeri terdapat pohon tumbang dan menimpa seorang warga. "Alhamdulillah, masih bernafas. tolong beri air minum" tutur seorang warga yang merekam video saat sejumlah warga mencoba menyelamatkan warga yang tertimpa pohon tersebut. 

Video yang beredar melalui media sosial umumnya menggambarkan situasi banjir di kota Parepare. Seperti video yang terlihat di perbatasan Parepare dan Kabupaten Barru terlihat luapan air sudah sampai di badan jalan. Bahkan sejumlah kendaraan terpaksa berhenti sebab mereka khawatir air dapat menyeret kendaraannya. Sebab dalam video tersebut air yang meluap hingga ke badan jalan menyeret beberapa kayu dan pepohonan. 

Selain di Parepare, banjir disertai angin kencang juga melanda  beberapa kawasan kota Makassar. Di perbatasan Makassar-Maros juga dilaporkan telah tergenang oleh air hingga memasuki rumah rumah warga. Seperti yang terjadi di Perumahan Permata Sudiang. Banjir setinggi  perut orang dewasa terlihat di beberapa lokasi. Lantaran banjir yang sudah mengenangi pinggir jalan beberapa pemilik kios dan pedagang kaki lima terpaksa menutup dagangannya. Bahkan ada diantara mereka yang terpaksa memindahkan kedai dan kios dagangannya akibat banjir yang melanda kawasan tersebut.  Selain di Sudiang, banjir yang masuk hingga ke jalan raya juga terjadi di jalan masuk menuju bandar udara Hasanuddin serta ruas di jalan tol Makassar. Beberapa pengguna jalan merekam suasana di jalur tersebut 

"Ada orang, senso, senso ki" teriak seorang perekam video saat melihat seseorang tertimpa pohon yang terjadi di Jalan Kartini Makassar, depan PN Makassar. Senso adalah bahasa Makasssar yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia memerintahkan kepada rekannya untuk mengambil alat pemotong kayu untuk menyelamatkan warga yang tertimpa pohon tersebut.  Banjir yang melanda kota Makassar selain di kawasan Sudiang juga terlihat di kawasan Antang dan Tamalanrea Makassar.  Banyak warga yang menelepon ke kantor BPBD Makassar agar segera melakukan evakuasi. "Ada beberapa titik juga meminta bantuan evaluasi dan tim bergerak untuk memastikan" ujar Kepala BPBD Makassar Achmad Hendra. 

Sementara banjir yang melanda di Parepare juga melanda sejumlah kawasan perumahan. Personel Basarnas Parepare telah membagi diri untuk melakukan evakuasi kepada warga yang terjebak oleh banjir. "Alhamdulillah sudah dievakuasi kami sementara menuju Pondok Indang karena ada beberapa masyarakat yang meminta bantuan" ujar Dadang Tarkas, Basarnas Parepare. 



Share




© 2021 PT Indonesia Konten Kata